Friday, June 23Magelang Online

Wisata Candi Borobudur

Sharing is caring!

Borobudur Indonesia – Apa yang ada di benak anda saat mendengar kata Candi Borobudur?

Wisata candi? Keajaiban dunia? Stupa raksasa Borobudur? Jawa Tengah? Yogyakarta?

Banyak pendapat dan opini berbeda tentang Candi Borobudur. Selain sebagai tempat wisata, budaya dan ibadah ternyata di balik situs mahakarya ini tersimpan eksotisme dan sejarah jawa yang sangat kenthal.

Cerita dan penjelasan tentang Candi Borobudur telah di buat dalam ratusan versi dan tersebar ke seluruh dunia karena situs yang termasuk salah satu 7 keajaiban dunia ini telah menjadi tujuan wisata utama bagi turis mancanegara dan keindahannya telah di akui oleh dunia internasional. Tidak hanya wisatawan biasa dari mulai artis, atlit hingga Kepala Negara pun berdecak kagum dengan keindahan dan kemegahan Candi Borobudur.

Candi Borobudur adalah warisan dunia dan kita harus bangga memilikinya- Richard gere

patung borobudur, budha borobudurCandi Borobudur terletak di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Indonesia walopun banyak sekali wisatawan baik itu dari mancanegara maupun domestik yang lebih mengenal Candi Borobudur indentik dengan kota Yogyakarta.  Dalam sejarahnya Candi Borobudur dibuat dengan tujuan sebagai tempat ibadah bagi kaum Budha pada jaman Dinasti Syailendra. Stupa Candi Borobudur raksasa yang sangat terkenal di dunia menjadi daya tarik utama wisatawan untuk berkunjung. Bangunan Candi Borobudur sendiri pada dasarnya di bagi menjadi 10 tingkat dalam bentuk punden berundak. Banyak orang mengenal punden berundak adalah desain bangunan yang sering digunakan masyarakat Indonesia pada jaman dulu. 10 tingkat bangunan Candi Borobudur tersebut melambangkan tahapan dan proses hidup manusia. Pada setiap tingkatan terukir relief-relief indah yang menggambarkan secara tersirat ajaran Budha yang pada masa itu menjadi agama kepercayaan masyarakat. Panjang dari relief Candi Borobudur ini adalah 6 kilometer. Bisa dibayangkan bagaimana masyarakat pada jaman itu dapat membuat bangunan dengan desain yang sangat luar biasa seperti ini dengan ilmu arsitektur yang sangat terbatas. Relief-relief pada Candi Borobudur telah di akui oleh dunia sebagai relief Budha terlengkap dan terbesar di dunia hingga tidak ada bidang seni yang dapat menandinginya karena semua relief dan cerita pada ukiran batu tersebut utuh.

Dengan keindahan dan kemegahannya Candi Borobudur menjadi daya tarik utama untuk semua kalangan. Tidak jarang banyak dari kalangan artis, atlit, pesohor negeri hingga kepala Negara menyempatkan diri untuk berkunjung dan melihat mahakarya raksasa ini. Dari atas Candi Borobudur pengunjung bisa melihat dengan jelas eksotisme alam jawa yang terbentang luas di semua penjuru. Hamparan sawah hijau dengan ornamen perbukitan Menoreh menambah keindahannya sangat sayang untuk di lewatkan. Jika berkunjung saat matahari terbenam atau terbit maka wisatawan bisa melihat kemegahan Borobudur lebih indah karena sorot matahari membuat relief-relief raksasa itu seakan menceritakan kisahnya.

Tempat ini adalah tempat dengan pemandangan matahari terbenam terindah yang pernah saya lihat – Maria Sharapova

Maria Sharapova Di Candi Borobudur
Maria Sharapova Di Candi Borobudur

Baru-baru ini pun petenis wanita dunia asal Rusia Maria Sharapova berkunjung ke Candi Borobudur (15/05/2013) dalam rangka program budaya dan pemotretan salah satu majalah Rusia. Kedatangannya tidak diketahui banyak orang karena selain untuk menghindari media Maria juga berkata bahwa ia ingin menikmati dan berkunjung ke Candi Borobudur sebagai wisatawan biasa. Selain berkunjung ke Borobudur Maria Sharapova juga akan mengunjungi Candi Prambanan dan Pulau Moyo.

Borobudur Saat ini

Sejak terjadinya erupsi merapi pada tahun 2010 Candi Borobudur juga terkena dampak langsung dari bencana ini. Hujan abu vulkanik dan material gunung merapi yang terbawa sampai kawasan Candi Borobudur menyebabkan situs wisata ini sempat ditutup beberapa bulan karena di khawatirkan material ini dapat merusak struktur maupun lapisan batu canti. Upaya pemulihan dan pencegahan untuk menghindari dampak kerusakan pada Candi Borobudur dilakukan pemerintah daerah secara bertahap. Pemerintah pun mulai berbenah untuk lebih menarik wisatawan local dan mancanegara pasca erupsi merapi. Akses jalan dan transportasi semakin diperbaiki untuk mempermudah akses masuk wisatawan. Hotel murah maupun hotel berbintang di kawasan Candi Borobudur juga berbenah untuk meningkatkan pelayanan dan minat wisatawan. Selain wisata Candi, Borobudur juga menyediakan wahana rekreasi seperti arena gajah dan desa wisata dengan konsep back to nature.

Jika sedang mempertimbangkan tujuan wisata pada musim liburan kali ini, Candi Borobudur bisa menjadi tujuan pilihan untuk berwisata bersama keluarga. Tidak hanya menawarkan liburan berkelas internasional, wisata Candi Borobudur juga memberikan gambaran kearifan budaya dan sejarah jawa serta eksotisme peninggalan dunia sebagai media pembelajaran lewat kemegahan dan keindahannya.

Tarif Tiket Masuk Candi Borobudur 2014

Open 06.00 – 17.00)

Lokal: IDR 30.000, Asing : 135.000

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *