Sunday, June 25Magelang Online

Segarnya air di Kolam Renang Soekotjo

Sharing is caring!

Kolam Renang Soekotjo adalah satu dari sekian banyak kolam renang yang ada di Magelang. Bersumber langsung dari mata air yang segar menambah daya tarik tersendiri bagi kolam renang ini.

kolam renang soekotjo

Konon kolam renang ini sudah ada sejak jaman penjajahan dulu. Penjajah Belanda konon kabarnya yang membangun kolam renang ini pertama kali. Di desa Pisangan ini ditemukan mata air yang besar di sebuah lembah. Airnya benar-benar melimpah ruah. Penjajah Jepang membangun kolam renang di dekat mata air ini, karena itu dikenal dengan kolam renang Pisangan.

kolam renang anak soekotjo

Setelah jaman kemerdekaan, kolam renang ini dikelola oleh militer. Ada dua kolam renang besar yang dibangun. Kolam renang pertama yang berada di dekat mata air dikembangkan oleh Akmil Magelang, namanya Kolam Renang Sukotjo. Sedangkan yang kedua dimiliki oleh Kodim Magelang, namanya Kolam Renang Tirta Kencana. Para tentara baik taruna Akmil maupun tentara kodim kota Magelang menggunakan kolam ini untuk latihan. Meskipun milik para serdadu, kolam renang ini dibuka untuk umum.

Sumber lain : isroi.com

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *