Sunday, August 20Magelang Online

Wisata Watu Kendil

Sharing is caring!

watu kendil postWatu Kendil adalah sebuah batu besar berbentuk persegi dengan tinggi sekira 7 m pada posisi ‘nangkring’ di bibir jurang di perbukitan Menoreh, sekitar 2 km dari Kantor Kepala Desa Candirejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang.

Kantor Kepala Desa Candirejo sendiri berjarak 4,1 km dari Candi Borobudur, arah ke Tenggara. Di sekitar Watu Kendil ada pula beberapa batu-batu besar lain, yang oleh penduduk diberi nama Watu Dandang, Watu Tambak, dan Watu Tumpeng.

Pada jaman dahulu, watu kendil merupakan tempat untuk memasak makanan bagi pekerja yang membangun candi borobudur. Menurut tutur tinular, arsitek borobudur adalah Empu Gunadharma dan terdapat hubungan mistis tersendiri antara watu kendil dan borobudur. Hal mistis ini terbukti dengan banyaknya pertapa yang bersemedi di watu kendil kemudian pindah ke borobudur.
Watu Kendil merupakan potensi wisata khas milik desa candirejo, oleh sebab itu perlu dilakukan penghijauan. Hal ini telah dilakukan oleh salah satu mantan lurah desa candirejo yaitu bapak Slamet yang dibantu oleh warga candirejo dengan menata jalan masuk watu kendil dan disamping jalan tersebut dibtanami tanaman pandan. Upaya ini mendapat apresiasi dari pemerintah Indonesia dengan menganugerahkan Kalpataru kepada beliau.

 

loading...

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *