Sunday, December 17Magelang Online

Wisata Pendakian Punuk Unta, Gunung Andong

Gunung Andong, sebuah gunung kecil diantara gunung-gunug besar disekitar kawasan Kabupaten Magelang. Gunung ini terlihat mungil mengingat disekitarnya berjajar gunung-gunung besar seperti Merapi dan Merbabu. Namun ketinggiannya yang hanya 1780mdpl tidak mengurangi daya tariknya bagi para pendaki gunung. Tantangan seperti dataran vertikal setinggi 400mdpl membuat gunung ini memiliki tantangan tersendiri. Banyak pendaki menyebut gunung ini memang tidak tinggi, namun tetap butuh nyali untuk mencapai puncaknya.

gunung andong gunung andong grabag magelang gunung andong telomoyo gunung andong grabag gunung andong ngablak misteri gunung andong ketinggian gunung andong puncak gunung andong rute gunung andong wisata gunung andong

Gunung Andong berada di timur Kabupaten Magelang atau lebuh tepatnya diperbatasan antara Ngablak dengan Grabag. Gunung ini cukup menonjol diantara pegunungan-pegunungan yang membentang di daerah ini. Jika diperhatikan 2 puncak yang berada di Gunung Andong terlihat seperti Punuk Unta. Itulah tidak sedikit orang yang menamakan puncak gunung ini dengan nama puncak Punuk Unta. Terdapat 3 jalur pendakian untuk mencapai puncak Punuk Unta yaitu daru sisi tenggara, timur laut dan barat. Jalur paling mudah untuk ditempuh adalah dari sisi tenggara karena jalur ini disisi ini sering dilewati oleh warga sekitar gunung Andong. Jangan terkejut ketika sedang lelah-lelahnya sambil beristirahat lalu berpapasan dengan warga sekitar yang turun dari arah puncak Punuk Unta karena warga sekitar memang sudah terbiasa naik turun puncak gunung Andong setiap hari. Tentu saja hal ini menambah keasyikan tersendiri khususnya bagi pendaki pemula yang ingin mencoba mendaki gunung dengan trek yang tidak terlalu sulit. Dengan melalui jalur tenggara waktu menuju puncak Punuk Unta biasanya memakan waktu 1 jam berjalan kaki.

Sesampai dipuncak semua rasa lelah pasti terbayar dengan pemandangan indah hamparan daerah Magelang. Apalagi ketika cuaca sangat cerah makan dari puncak gunung Andong bisa melihat luasnya daerah yang terhampar dengan sangat indah. Karena gunung ini tidak terlalu tinggi maka pemandangan seperti perumahan, persawahan dan pegunungan lainnya bisa dinikmati dengan jelas.

Setelah puas menikmati puncaka, sayang sekali jika tidak menikmati sensasi menyeberangi dataran antara kedua puncak punuk unta. Dengan lebar hanya sekitar 1 meter dan jurang curam disebelah kanan dan kirinya cukup membuat adrenalin terpacu apalagi bagi pendaki pemula. Melihat kesebelah kanan kirinya saja sudah sangat membuat jantung berdebar mengingat jalan yang sempit dan jurang sedalam 400 meter terhampar tanpa batas diselimuti karpet rumput hijau.

imagesouce: gateofdjava.wordress.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *