Monday, June 26Magelang Online

Wisata Candi Umbul

Sharing is caring!

candi umbul postCandi umbul yang sudah ada sejak zaman wangsa syailendra ini merupakan bukti sejarah yang masih terjaga kelestarianya hingga saat ini, bahkan sebagai tempat wisata tempat ini masih ramai di kunjungi wisatawan lokal maupun manca Negara.

Candi Umbul terletak di desa Kartoharjo, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang. Candi Umbul merupakan sebuah pemandian air hangat dan situspeninggalan sejarah. Kolam di situs candiumbul terbagi menjadi dua bagian, kolam pertama airnya cukup hangat dan mengandung belerang, sementara kolam yang kedua airnya sedikit dingin dan lebih rendah.
Dinding kolam berasal dari batuan andesit, di dalam kolam terdapat sejumplah umpak yang di perkirakan pada zaman dulu digunakan sebagai tiang penyangga, ini menandakan bahwa pada zaman dahulu tempat ini memiliki atap. Gelembung-gelembung yang terus keluar dari berbagai tempat di dasar kolam ini menunjukan sebagai sumber mata air hangat.
Sejumlah batuan situs berjejer di tepian kolam menggambarkan berbagai relief tumbuhan, binatang, dan stupa bagian puncak candi. Dan secara keseluruhan candi ini masih menampakan nuansa sejarahnya.
Yang menarik dari sumber airpanas ini yaitu tidak adanya bau belerang yang biasanya selalu di jumpai pada sumber air panas lain yang rata-rata memancarkan bau belerang cukup pekat (atau mungkin karena hidung saya lagi flu sehingga tak bisa mencium aroma belerang di kolam pemandian itu, saya juga kurang mengerti). Sementara untuk airnya pun sangat jernih.

Situs Candi Umbul di gunakan masyarakat sebagai pemandian air hangat umum, biasanya ramai di kunjungi pada sore hari dan pada hari-hari tertentu digunakan untuk ritual (tradisi mensucikan diri) seperti padusan menjelang bulan puasa, upacara melasti menjelang hari raya nyepi dan ritual-ritual lain yang di lakukan sekelompok orang dengan tujuan tertentu.

Pengelolaan Candi Umbul saat ini dikendalikan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Magelang. Harga tiket masuknya pun sangat terjangkau. Cukup dengan membayar tiket masuk seharga Rp. 3.000,- Pengunjung sudah bisa rileks menikmati hangatnya air di pemandian Candi Umbul sambil bercengkerama bersama teman atau keluarga. Mesipun lokasinya cukup terpelosok, namun untuk menuju kesini cukup mudah. Dari Magelang dapat menggunakan bus jurusan Magelang-Grabag, lanjut naik angkutan umum menuju ke Candi Umbul. Atau dapat juga menggunakan jasa ojek dari terminal Grabag. Namun lebih mudah apabila masuk melalui jalur dari arah Jl Magelang – Semarang. Penandanya, setelah melewati pertigaan jalan tembus ke arah Temanggung, jalanlah lurus terus ke arah Semarang sekitar 1,5 Km dari pertigaan, di sisi kanan jalan ada jalan kampung beraspal dan papan penunjuk lokasi Candi Umbul. Sekitar beberapa ratus meter masuk menyusuri jalan kampung tersebut, wisatawan akan sampai di lokasi Pemandian Candi Umbul.  Di tahun 2013 ini, Pemprov Jateng sedang menggalakkan program Visit Jawa Tengah 2013, semoga spot ini bisa menjadi alternatif liburan yang murah, edukatif dan menyenangkan meski dalam kesederhanaan.
loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *