Tuesday, August 22Magelang Online

Wisata Babadan Pos Pemantauan Merapi

Sharing is caring!

babadan merapi postBabadan Sebuah gardu pandang untuk melihat keindahan Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Sumbing, dan Gunung Sindoro dengan hawa sejuk dan segar. Selain bisa menyaksikan aktivitas Gunung pengunjung juga bisa menyaksikan pemutaran film di theater volcano yang menggambarkan letusan-letusan Gunung Merapi, hujan batu,awan panas,dan percikan batu pijar.
Babadan adalah sebuah tempat untuk memantau aktivitas Gunung Merapi yang berjarak sekitar 4 km dari puncaknya. Disana tersedia pos pengamatan Gunung Merapi juga sirine yang berguna sebagai salah satu alat untuk memberi tanda peringatan apabila sewaktu-waktu terjadi letusan. Sepanjang perjalanan menuju Babadan, pengunjung akan melewati sawah yang hijau, air yang melimpah dengan udara yang sejuk
Pos Pemantau Gunung Merapi Babadan ini merupakan pos pemantau tertinggi yang berada di Desa Babadan, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang, sekitar 10 km dari Pasar Talun.Dari Pos Pemantau Merapi Babadan yang dibangun pada 1954 ini pejalan bisa melihat dengan jelas puncak Gunung, serta melihat pemandangan indah ke arah lembah yang mengapit Kali Pabelan. Di tempat ini juga ada bunker yang dibangun Belanda pada 1931.Pada letusan terakhir Gunung Merapi tahun 2010, Pos Pemantau Gunung Merapi Babadan yang berada di ketinggian 1278 mdpl dan hanya berjarak 4,4 km arah Barat Laut dari puncak ini sempat ditutup sementara dan pengamatan di lakukan dari Desa Krinjing yang berada lebih ke bawah.Di pos ini pejalan bisa melihat foto-foto aktifitas vulkanik Gunung Merapi sebelumnya, peralatan pemantauan getaran seismik, serta membeli suvenir berupa foto dan CD berisi rekaman video erupsi Merapi.Sebagai tindakan pengamanan, pengunjung akan diminta untuk memarkir kendaraan pada posisi siap meninggalkan tempat, dan tidak diperbolehkan melewati batas aman.Pos Pemantau Babadan bisa dicapai dari Jalan Raya Boyolali – Mungkad dan dari Muntilan.
loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *