Saturday, September 23Magelang Online

Wisata Alun-Alun Magelang

Sharing is caring!

Wisata Alun-Alun Magelang – Bila suatu saat ditanya oleh teman tentang suatu daerah yang pernah  dikunjungi, tempat atau lokasi apa yang paling diingat? Sebagian besar orang akan menjawab tempat makan, tempat belanja dan lain sebagainya. Tidak terkecuali alun-alun kota. Seperti halnya daerah atau kota-kota lain di Indonesia Kota Magelang juga memiliki Alun-alun sebagai ikon kota dan pusat kota. Tentunya alun-alun magelang juga tidak kalah unik nya dengan kota-kota lain di Indonesia.

alun-alun magelang, pusat kota magelangAlun-alun kota Magelang juga memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan kota-kota lainnya. Jika melaju dari arah Semarang dan melewati alun-alun magelang maka pelancong akan langsung disambut oleh kegagahan Patung Pangeran Diponegoro dengan posisi sedang menaiki kuda. Sejak pemugaran ini meliputi pagar pembatas antara patung dan pengunjung untuk menjaga area patung Pangeran Diponegoro agar tidak rusak. Patung Diponegoro yang ada alun-alun magelang ini terlihat semakin menarik untuk diabadikan. Sempatkan waktu untuk berfoto sejenak dengan background Patung Pangeran Diponegoro sebagai dokumentasi perjalanan atau sekedar berfoto bersama keluarga dan teman.

Tidak jauh berbeda dengan tata kota alun-alun di sebagian besar daerah jawa bila melihat ke arah timur maka bisa melihat ada kantor pos besar, di sebelah barat terdapat kantor polisi, agak ke barat maka pelancong dapat menjumpai Masjid Agung Kota magelang lengkap dengan menara tinggi di dalam kompleks halamannya.

Wisata alun-alun Magelang tidak lengkap rasanya bila belum berfoto di dekat menara air nya. Tepat di sebelah utara Masjid Agung Kota Magelang pengunjung bisa melihat menara air peninggalan Belanda. Menara air ini dulu nya digunakan untuk memenuhi kebutuhan air warga kota Magelang. Namun sejak tidak difungsikan lagi menara air menjadi ikon Kota Magelang dan cagar budaya yang sarat akan sejarah.

alun-alun magelang,menara air magelang,foto alun-alun magelang,gambar alun-alun magelang

Dengan dukungan dan usaha dari pemerintah setempat Alun-alun kota Magelang selalu berbenah untuk mempercantik land mark kotanya. Hal ini dibuktikan dengan pembuatan slogan “Magelang Kota Sejuta Bunga”. Untuk memperkuat slogan ini pemerintah setempat menata Alun-alun dengan menghias beberapa sudut. Bila diperhatikan saat berada di patung Pangeran Diponegoro disebelah selatan patung tersebut bisa ditemukan sebuah layar raksasa (yang saat ini sudah tidak ada lagi karena direnovasi menjadi taman bunga) dengan taman kecil dibawahnya. Nah disinilah sisi menariknya, dalam taman tersebut pemerintah setempat mempercantik taman dengan ornament lampion berbentuk bunga. Ornamen lampion berbentuk bunga ini akan menyala pada malam hari sehigga membuat suasana di Alun-alun Kota Magelang semakin nyaman untuk bersantai di malam hari sambil menikmati keramaian kota Magelang. Tidak sedikit warga Magelang, wisatawan hingga pendatang dari luar daerah yang menyempatkan diri berfoto di taman lampion bunga ini.

Alun-alun Kota Magelang menjadi public area yang nyaman. Masih ada yang kurang rasanya jika berkunjung ke alun-alun kota Magelang dan belum berwisata kuliner atau wisata belanja. Tidak usah khawatir atau susah-susah  untuk mencari pusat kuliner di sekitar alun-alun magelang. Tinggal berjalan ke sebelah utara alun-alun wisatawan dapat menemukan deretan kuliner dari ujung timur hingga ujung barat alun-alun. Berbagai kuliner khas hingga jajanan unik dapat ditemukan disini. Pemerintah memang memusatkan kuliner di sudut ini untuk memudahkan pengunjung untuk menikmati kuliner khas kota magelang. Tinggal pilih saja kuliner yang paling disukai dan wisatawan bisa menikmati hidangan lezat lengkap dengan pemandangan alun-alun Kota Magelang.

Wisata belanja di alun-alun kota Magelang juga tidak kalah lengkapnya. Beberapa pusat perbelanjaan buka disekitar kawasan alun-alun. Mampir sebentar untuk membeli oleh-oleh khas maupun bekal untuk melanjutkan perjalanan. Banyak oleh-oleh khas Magelang bisa dibeli di pusat perbelanjaan tersebut.

Untuk para warga Magelang yang merantau ke daerah lain, atau orang-orang dari luar daerah yang jarang berkunjung ke kota Magelang mungkin akan sedikit kaget karena perubahan tata ruang dan desain alun-alun kota magelang yang berubah dengan drastis menjadi lebih indah dan rapi. Hal ini tidak lepas dari dukungan pemerintah dan warga Magelang sendiri yang menginginkan adanya ruang publik yang tertata rapi dengan fasilitas lengkap yang dapat menampung aktivitas warga Magelang maupun sebagai pusat lokasi penyelenggaraan perayaan publik.

Jadi untuk semua pengunjung dan wisatawan, Selamat Datang dan Selamat Menikmati Magelang,Kota Sejuta Bunga.

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *