Universitas Tidar Magelang

 Pendidikan, Perguruan Tinggi

Pada saat pendiriannya, UTM terdiri dari lima fakultas yang membawahi tujuh jurusan yaitu Fakultas Ekonomi dengan Jurusan Ekonomi Umum; Fakultas Sastra dan Kebudayaan dengan Jurusan Sastra Inggris; Fakultas Teknik dengan Jurusan Teknik Elektro, Teknik Mesin, dan Teknik Sipil; Fakultas Pertanian, Jurusan Pendidikan Ahli Farming; serta Fakultas Sospol dengan Jurusan Administrasi Negara. Satu tahun kemudian, Fakultas Sastra dan Kebudayaan berubah menjadi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dan berkembang menjadi dua jurusan, yaitu Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris serta Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

untid-magelangPada tanggal 22 Januari 1981, UTM memperoleh status terdaftar untuk tingkat Sarjana Muda untuk semua jurusan dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Status terdaftar ini diperbarui dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 03950/1984 tanggal 24 Agustus 1984 tentang penyesuaian jalur jenjang dan program pendidikan dengan rincian sebagai berikut jenjang program pendidikan S1 terdiri dari Fakultas Ekonomi, Jurusan Ekonomi Studi Pembangunan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni yang terdiri dari Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia dan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Teknik terdiri dari Jurusan Teknik Sipil, Teknik Mesin dan Teknik Elektro, Fakultas Pertanian, Jurusan Budi Daya Pertanian, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Jurusan Administrasi, Program Studi Ilmu Administrasi Negara. Sedangkan untuk jenjang program pendidikan DIII Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 03890/1986 tanggal 22 Mei 1986, ditetapkan status terdaftar pada tingkat sarjana. Dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 02880/1989 tanggal 15 Maret 1989, Fakultas Ekonomi ditetapkan berstatus diakui.

Perkembangan

Munculnya trend penyelenggaraan pendidikan singkat untuk tenaga siap kerja mendorong UTM membuka program diploma tiga untuk Akuntansi pada Fakultas Ekonomi dan Teknik Mesin Otomotif pada Fakultas Teknik pada tahun 1999. Pada akhir tahun 2004, program diploma tiga teknik sipil ditutup karena kurangnya peminat.
Sejak tahun 1998 seluruh program studi yang diselenggarakan UTM telah mendapatkan status terakreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Akreditasi ini merupakan bentuk penjaminan pihak independen atas pemenuhan standar mutu pendidikan tinggi yang dilaksanakan institusi untuk melindungi masyarakat pengguna jasa. Seluruh program studi juga mendakan izin operasional, artinya seluruh program studi mendapatkan legalitas penyelenggaraan pendidikan dari pemerintah (Kementerian Pendidikan Nasional Republik Indonesia).
Universitas Tidar Magelang (UTM) dipimpin oleh seorang rektor dan dibantu oleh tiga orang wakil rektor, yaitu Wakil Rektor I Bidang Akademik, Wakil Rektor II Bidang Administrasi, dan Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan. Rektor bertanggung jawab atas pengembangan UTM (secara akademis) dan kelancaran kegiatan belajar mengajar baik di dalam kelas maupun di luar kelas. Secara struktural rektor bertanggung jawab kepada Yayasan Perguruan Tinggi Borobudur Tidar. Yayasan Perguruan Tinggi Borobudur Tidar ialah sebuah yayasan yang memiliki dan mengelola UTM.
Universitas Tidar Magelang (UTM) memiliki beberapa fasilitas dan Unit kegiatan mahasiswa (UKM). Yaitu Ruang kuliah: 32 ruangan, Perpustakaan: luas ruangan 576 m2, koleksi 8.214 judul, 23.628 eksemplar, Laboratorium: Fisika Dasar, CNC, Cad Cam, Teknologi Mekanik, Hidrolika, Mekanika Fluida, Mekanika Tanah, Bahan Bangunan, Ilmu Ukur Tanah, Elektronika, Pengukuran, Instalasi, Mesin Listrik, Kimia Dasar, Kebun Percobaan, Hama dan Penyakit, Tanah, Tanaman, Bahasa, Akuntansi Komputer, Pusat Pelayanan dan Pengembangan Komputer, Lembaga penelitian: Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (Pusat Penenlitian dan Pusat Pengabdian pada Masyarakat), Kegiatan mahasiswa: Menwa, Mapala, UKAI, UKMK, BEM, Paduan Suara, Bengkel Seni, Fasilitas lain: lapangan olahraga (voli, sepakbola, Merpati Putih, badminton), Klinik Kesehatan Koperasi Mahasiswa, Masjid, Bank, Kantin Kampus.
Saat ini Universitas Tidar Magelang telah diusulkan oleh Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah VI Jawa Tengah untuk diubah statusnya menjadi perguruan tinggi negeri (PTN).

Sumber: Wikipedia

Author: 

Seorang blogger sejak 2003, mendalami Internet Marketing serta Search Engine Optimation. Familiar dengan Wordpress, Blogspot dan Joomla. Salah satu portofolionya adalah pembuatan website Universitas Muhammadiyah Magelang. Beberapa website perusahaan dan Toko Online.

Pencarian Anda: untid magelang, Untid, biaya kuliah fakultas teknik di untid, biaya maSik universitas tidar magelang jurusan sipil, kampus Universitas tidar magelang, status kerja karyawan kementerian kebudayaan dan pendidikan universitas tidar magelang 2015, stmik bipa magelang akreditasi, tidar magelang kampus bahasa, universitas tidar menjadi negeri