Monday, December 18Magelang Online

Tidur Setelah Makan Sahur Ternyata Berbahaya

Kumandang sahur dari masjid terdekat sudah tedengar sejak 1 jam yang lalu. Para anggota keluarga terlihat masih tertidur lelap. Hanya terlihat si ibu yang sibuk menyiapkan hidangan sahur bagi keluarganya. Mungkin karena terlalu lelah atau apa si anak laki-laki yang masih kuliah tiba-tiba bangun. Mempersiapkan alat makannya sendiri, mengambil nasi, lauk, dan segelas air putih. Selesai makan si anak langsung menuju kamar lalu melanjutkan tidur selepas sahur.

Paginya si anak mengeluh ulu hatinya terasa panas seperti habis makan makanan pedas. Padahal menu sahur hari itu tidak ada yang pedas. Mengapa demikian? Apa hal ini terjadi pada semua orang yang memiliki kebiasaan langsung tidur setelah makan sahur?

tidur setelah sahur efek bahaya manfaat cara

Langsung tidur setelah makan sahur ternyata memiliki dampak yang kurang baik bagi tubuh manusia. Selain bangun yang pasti menjadi lebih siang kebiasaan ini akan membuat sistem pencernaan kita terganggu. Berikut beberapa dampak bagi tubuh yang diakibatkan karena kebiasaan tidur setelah makan sahur.

Peningkatan berat badan
Tidak peduli berapa banyak makanan yang dimakan, berat badan bisa membengkak karena kebiasaan tidur setelah sahur. Penyebabnya tubuh tidak punya kesempatan untuk membakar kalori dari makanan yang dikonsumsi saat sahur.

Heartburn
Heartburn adalah sensasi terbakar yang menyakitkan di sekitar ulu hati hingga kerongkongan akibat refluks asam lambung. Ketika berbaring setelah makan, sistem pencernaan memang bekerja terlalu keras sehingga meningkatkan risiko refluks asam lambung yang bisa naik dari lambung sampai ke kerongkongan. Tidur setelah sahur biasanya kurang nyenyak dan sering bermimpi buruk.

Refluks asam
Refluks asam terjadi ketika katup antara perut dan esofagus tidak tertutup secara sempurna. Hal tersebut bisa terjadi ketika tubuh sedang berbaring. Akibatnya, asam dari lambung naik ke tenggorokan. Kondisi ini tentu membahayakan, terutama bagi penderita maag.

Stroke
Efek buruk berikutnya dari tidur setelah makan sahur adalah meningkatkan risiko stoke. Menurut sebuah penelitian, kondisi refluks asam memicu apnea tidur yang berkaitan dengan stroke. Sementara teori lain mengatakan kalau sistem pencernaan yang tak lancar memengaruhi kinerja tekanan darah dan kadar gula yang meningkatkan risiko stroke.

Itulah berbagai efek buruk dari tidur setelah sahur bagi kesehatan. Masih mau tidur setelah sahur?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *