Friday, November 24Magelang Online

Soto Kluwih & Ayam Goreng Mbah H. Djoyo

Sharing is caring!

Kluwih atau yang sering ditulis “Keluwih” merupakan sejenis pohon dengan daun lebar dan buah dengan kulit buah yang keras serta berduri. Sekilas kluwih sedikit mirip dengan “Sukun” namun bedanya memang dibentuk buahnya yang lebih keras kulit luarnya. Biji kluwih juga lebih besar-besar dibanding dengan sukun. Jika disamakan dengan buah nangka tentu saja sangat berbeda namun kedua buah ini masih satu jenis tumbuhan.

soto magelang	soto di magelang soto sapi magelang soto pringgading magelang soto khas magelang soto kadipiro jalan magelang soto betawi di magelang resep soto magelang soto jamur magelang penggugah selera soto batok magelang 	1 soto di magelang	soto betawi di magelang soto enak di magelang 	2 soto betawi di magelang		3 soto enak di magelang	soto enak magelang 	3 soto sapi magelang		2 soto pringgading magelang		2 soto khas magelang	resep soto khas magelang 	2 resep soto khas magelang		3 soto kadipiro jalan magelang		2 soto betawi di magelang		2 resep soto magelang	resep soto lesah magelang resep soto ayam magelang resep soto khas magelangKluwih memiliki manfaat kesehatan yang cukup banyak dengan memanfaatkan daun, akar atau buahnya. Daun kluwih sejak dahulu digunakan sebagai obat sakit gigi dengan cara membakarnya hingga menjadi arang lalu mengoleskan pada gigi yang sakit. Selain untuk sakit gigi, daun kluwih juga dapat menurunkan gula darah. Selain itu fakta lainnya adalah kluwih memiliki kandungan gizi lebih banyak dibandingkan dengan buah nangka muda. Buah kluwih dengan olahan sederhana pun sudah bisa dinikmati dan memberikan manfaat lebih dengan gizi serta kandungan antioksidan yang terkandung dalam buah kluwih.

Di magelang terdapat sebuah warung soto yang memanfaatkan kluwih menjadi hidangan soto nikmat yang unik dan khas. Soto Kluwih dan Ayam Goreng Mbah H. Djoyo meramaikan daftar menu wisata kuliner di magelang dengan menyajikan soto kluwih dan ayam goreng bumbu spesial. Soto khas magelang yang cukup unik ini memiliki cita rasa yang berbeda dengan soto lain yang ada di magelang karena menggunakan campuran “kluwih” sebagai bahan pelengkapnya. Soto Kluwih disajikan dengan kuah bening segar dengan komposisi kaldu yang pas dengan lidah penikmat kuliner. Bagi pecinta soto kuah bening, pasti langsung menyukai cita rasa dari soto kluwih ini. Kluwih dalam sajian soto kluwih disajikan sebagai bahan pelengkap utama. Kluwih yang ditumbuk lalu digoreng diolah menjadi sejenis abon. Abon kluwih ini lalu ditaburkan diatas soto sesuai dengan selera. Sekilas pengolahan dan tampilan kluwih untuk hidangan soto kluwih agak mirip dengan abon sapi. Namun ketika dicampurkan dengan kuah soto, rasa dari soto kluwih sendiri berubah menjadi lebih gurih. Meskipun tampilannya mirip dengan abon sapi, olahan kluwih ini memiliki rasa yang sangat berbeda dengan abon sapi. Teksturnya juga lebih lembut dan mudah dimakan ketika dicicipi tanpa dicampur dengan soto. Bagi pecinta hidangan pedas, wajib mencoba soto kluwih yang dicampur dengan sambal khasnya juga. Sambal ini digoreng menggunakan resep dan bumbu rahasia keluarga. Lagi-lagi kluwih menjadi salah satu bahan utama dalam pengolahan sambal ini. Rasanya pedas, namun gurih dan sensasi pedasnya sangat pas saat dicampur dengan soto kluwih. Harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau, hanya dengan Rp. 8000 sudah bisa menikmati segarnya Soto Kluwih dengan pilihan campuran daging ayam, sayap ayam, kepala ayam atau bisa juga dipisah. Ada beberapa lauk pelengkap juga yang disertakan dalam penyajian antara lain; sate telur, bacem kepala ayam, sate ati/ampela, bacem brutu dan perkedel.

soto magelang	soto di magelang soto sapi magelang soto pringgading magelang soto khas magelang soto kadipiro jalan magelang soto betawi di magelang resep soto magelang soto jamur magelang penggugah selera soto batok magelang 	1 soto di magelang	soto betawi di magelang soto enak di magelang 	2 soto betawi di magelang		3 soto enak di magelang	soto enak magelang 	3 soto sapi magelang		2 soto pringgading magelang		2 soto khas magelang	resep soto khas magelang 	2 resep soto khas magelang		3 soto kadipiro jalan magelang		2 soto betawi di magelang		2 resep soto magelang	resep soto lesah magelang resep soto ayam magelang resep soto khas magelang

Selain menyediakan Soto Kluwih yang khas dan asli dari magelang, Soto Kluwih dan Ayam Goreng Mbah H.Djoyo juga menyediakan sajian ayam goreng dengan bumbu khas yang sudah turun menurun. Ayam goreng yang disajikan diolah menjadi hidangan ayam goreng empuk dan bumbu yang meresap hingga ke dalam dagingnya. Ditambah sambal pedas yang tadi bisa juga dicampurkan dengan soto, hidangan ayam goreng Mbah H, Djoyo menjadi pelengkap wisata kuliner bersama keluarga ketika berkunjung ke Magelang atau Borobudur.

Fasilitas Rumah Makan:

  • Parkir Luas
  • Mushola
  • Toilet
  • Rest Area

Lokasi dari Soto Kluwih & Ayam Goreng Mbah H. Djoyo sangat mudah ditemukan. Ketika akan menuju Candi Borobudur dari arah Yogyakarta, setelah lampu merah palbapang atau tugu selamat datang menuju Candi Borobudur, Soto Kluwih dan Ayam Goreng Mbah H. Djoyo hanya terletak 1 km dari lampu lalu lintas palbapang sebelah kanan jalan. Jika berkendara dari arah Candi Mendhut atau arah kembali ke Jalan Jogja-Magelang, Soto Kluwih berada di kiri jalan 2 km setelah kawasan Candi Mendut.

Soto Kluwih dan Ayam Goreng Mbah H. Djoyo Menerima Pesanan Catering dan Nasi Dus untuk Acara Pernikahan, Rapat, Seminar dan acara-acara lainnya.

“Sedang berwisata kuliner di magelang dan mencari soto enak di magelang yang khas serta memiliki rasa unik?, harus coba Soto Kluwih”

Alamat dan Kontak Soto Kluwih & Ayam Goreng H. Djoyo:

Jalan Mayor Kusen km. 1,5

Sekluwih – Pabelan – Mungkid

Magelang, Jawa Tengah

Telp: (0293) 550 2649

Hp: 085 729 393 191

View Peta Bisnis di Magelang in a larger map

 

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *