Thursday, June 29Magelang Online

Solusi Cerdas Cucian Bebas Bau dan Jamur Saat Musim Hujan

Sharing is caring!

Bulan-bulan ini sepertinya intensitas hujan diberbagai daerah di Indonesia sangat tinggi ya sedulur. Terbukti banyak daerah mengalami bencana banjir yang cukup besar padahal biasanya banjir yang melanda daerah tersebut tidak pernah sebesar tahun ini. Tidak terkecuali Magelang yang dalam bulan ini curah hujannya juga tidak kalah tinggi. Lihat saja, hujan tidak kenal waktu bahkan pagi hari pun kota kita ini sudah diguyur hujan deras. Melewati waktu makan siang pasti beberapa wilayah di Magelang juga sudah jadwalnya untuk diguyur hujan deras.

cucian bau apcucian bau apek  pewangi cucianNgomong-ngomong tentang musim hujan past banyak hal-hal kecil yang setiap hari kita rutin kerjakan menjadi sedikit kacau ketika musim hujan. Salah satu hal kecil namun penting bagi semua orang adalah masalah pakaian. Ketika cuaca panas tidak selalu datang setiap hari, akan menjadi sedikit menganggu saat datang waktu mencuci pakaian. Pakaian jadi tidak kering karena tidak ada panas matahari serta mendatangkan bau apek maupun jamur yang menempel pada pakaian yang tidak kering sepenuhnya. Mungkin bukan menjadi masalah ketika musim hujan kita menyerahkan masalah cucian kotor ini kepada laundry yang bertebaran di magelang. Tapi bagaimana dengan ibu rumah tangga yang anggota keluarganya banyak dan tidak mungkin setiap hari harus membawa cucian kotor ke laundry. Bayangkan saja ketika anggota keluarga anda ada 5 orang dan setiap hari membutuhkan pakaian bersih untuk bekerja dan sekolah. Lagi pula jika dihitung dari segi biaya tentu saja lebih mahal kalau setiap datang waktu mencuci pakaian kotor dan harus menggunakan jasa laundry pakaian di magelang. Nah kebetulan sekali karena kita ada sedikit tips sederhana dan cerdas untuk mengatasi pakaian yang bau apek ketika musim hujan. Cara mengatasi bau apek dan jamur pada pakaian ketika musim hujan ini bisa dilakukan oleh semua orang tanpa harus mengeluarkan biaya lebih banyak. Bagi anda yang masih kost atau masih bujangan pun bisa melakukannya disela kesibukan anda sebelum bekerja.

Tips sederhana mengatasi pakaian bau apek dan jamur saat musim hujan.

  • Siapkan air bersih untuk merendam pakaian. Jangan campur dulu dengan detergen atau sabun cuci karena ketika kita lupa atau terlalu lama merendamnya yang ada cucian malah semakin bau karena detergen yang menempel pada pakaian.
  • Pakai detergen atau sabun cuci bubuk / cair yang memiliki pelembut sekaligus pewangi didalamnya sehingga menghemat waktu mencuci kita.
  • Cuci pakaian kotor anda hingga noda dan kotoran sepenuhnya hilang. Tips ini bisa dilakukan dengan cara cuci manual maupun menggunakan mesin cuci. Tergantung bagaimana biasanya anda mencuci pakaian kotor.
  • Bilas pakaian yang anda cuci dengan air bersih dan pastikan semua sisa detergen atau busa benar-benar hilang. Sisa detergen yang menempel pada kain akan menimbulkan bau tidak sedap dan meninggalkan bercak berwarna putih pada pakaian. Apalagi tidak ada panas matahari yang mampu mengeringkan pakaian saat musim hujan.
  • Peras pakaian yang dicuci hingga air cucian benar-benar bersih. Jika menggunakan mesin cuci akan lebih menguntungkan ketika menggunakan mesin pengering hingga yakin cucian benar-benar tidak ada air bekas bilasan.
  • Saat menjemur cucian, gantung pakaian dengan gantungan baju atau jepit dengan jepitan jika pakaian tidak dapat digantung. Cara menjemur dengan digantung akan mempercepat pengeringan karena air yang masih tersisa akan langsung menetes kebawah dengan sempurna. Hindari menjemur pakaian dengan cara dilipat lalu di taruh ditali jemuran karena cara ini akan membuat pakaian semakin tebal sehingga air tidak dapat luruh sempurna.
  • Berikan jarak antar cucian. Langkah ini untuk mempermudah udara bersirkulasi diantara cucian basah. Usahakan pakaian tidak saling menempel. Angin-anginkan jemuran didalam ruangan atau beranda rumah.
  • Langkah terakhir dan yang paling penting, ketika sudah yakin cucian benar-benar kering setelah diangin-anginkan, jangan lalu diangkat dan ditumpuk begitu saja. Tumpukan pakaian inilah yang akan menyebabkan bau apek pada pakaian. Segera angkat, setrika lalu masukkan kedalam lemari agar jamur dan bau apek tidak muncul.

Cukup mudah bukan agar pakaian tetap wangi dan kering sempurna ketika musim hujan. Tips ini mudah sekali untuk dipraktekkan bagi semua orang karena tidak membutuhkan alat khusus. Hanya memerlukan perhatian khusus saat proses mencuci hingga pakaian masuk kedalam lemari. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

loading...

One Comment

  • laundryplasa

    siip gan tips nya, tapi lebih cepat lagi kalau mengeringkan baju dengan menggunakan dryer gas, heheh lebih hemat listrik lho..!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *