Saturday, April 29Magelang Online

Seru-Seruan Arung jeram di Sungai Progo

Arung jeram sungai Progo Menakutkan? ya! jika anda tidak menggunakan pelampung, helm serta tidak dipandu oleh Guide yang profesional, atau anda dipandu oleh tukang ojek ha.. ha.. LIhatlah foto dibawah ini, apa mereka terlihat cemas?

Arung Jeram Sungai Progo

Arung jeram Sungai Progo mempunyai 3 trip yaitu:
1. Progo Hulu (Grade III+)
2. Progo Atas (Grade III)
3. Progo Bawah (Grade IV)

Semakin tinggi Urutan grade semakin berbahaya jadi jika anda berada di grade I mungkin sedang berendam di kamar mandi. Lebih jelas tentang Grade dapat dilihat di sini.

Kali ini kami memilih Trip Progo atas, dengan menempuh jarak sekitar 9 km. Dimulai dari bantaran kali progo di Hotel Puri Asri berakhir di bawah jembatan Progo Mbabrik. Catatan Peserta tidak harus menginap di Hotel Puri Asri, tapi untuk dapat menikmati suasana hotel bintang lima tersebut pastikan anda menggunakan Progo rafting sebagai operator rafting anda.

Kegiatan dimulai dari jam 08:00 pagi, peserta dipersilahkan meinitipkan barang-barang penting dan yang tidak boleh dibawa ke resepsionis yang telah menyediakan loker. Setelah itu peserta dikumpulkan untuk menerima briefing singkat tentang :
1. Pengenalan medan
2. Cara menggunakan perlengkapan
3. Cara mendayung dan P3K

Kemudian setelah semuanya lengkap, pemandu men-cek ulang satu-persatu peralatan yang digunakan peserta untuk memastikan semua sudah sesuai dengan standar arung jeram.

Kami pun menuju perahu-perahu yang telah disediakan. Satu perahu dapat diisi oleh 6 orang termasuk pemandu. Posisi diatur sesuai berat badan supaya perahu seimbang.

Nah kami pun mulai mendayung, belum sampai 100 meter kami sudah ketemu dengan jeram. Ternyata ada puluhan jeram disini, pantas saja trip Arung jeram Progo atas ini menjadi paket favorit. Bersama kami ada 8 perahu yang sepertinya dari sebuah perusahaan tertentu.

progo rafting magelang

Beberapa Jeram Grade III dan grade II pun kami lalui dengan menyenangkan dan seru, perlahan hilang anggapan kami kalau ber-arung jeram di kali progo itu menakutkan! ha ha, bahkan sebaliknya.

Tidak hanya itu ada beberapa permainan yang tak kalah seru, diantaranya :

  • Mengapung mengikuti jeram, yah benar anda turun dari perahu, dengan posisi tidur telentang kaki didepan dan kepala di belakang, seperti posisi “plosotan” di waterboom.
  • Loncat ke derasnya jeram, karena memang lokasi nya yang aman, jeram ini dapat di terjuni oleh peserta dengan gaya apapun, hehe mau bukti?
  • Putar-putar dari atas perahu sambil menjaga keseimbangan, dan masih ada beberapa permainan yang lain.

Magelang Arung Jeram Progo

Oya jangan kuatir kehilangan kenangan saat momen itu berlangsung, tim Progo Rafting telah menyediakan Sniper-sniper pothograper di jeram-jeram tertentu, anda hanya cukup tunggu aba-aba dari pemandu, keren kan?.

Ditengah perjalanan peserta istirahat di sebuah tepian sungai yang berpasir, disini seluruh peserta, pemandu dan photografer berkumpul. Sembari menikmati makanan ringan yang disediakan, peserta dapat bertanya-tanya tentang sungai Progo, seputar arung jeram, atau bahkan meminta foto bersama keluarga atau teman.

Fun rafting pun berlanjut, melalui beberapa jeram sekitar tengah hari kami sampai di pos terakhir. Ada kejutan yang menanti disini, ada es kelapa muda yang segar. Sembari menungu tim pemandu mengemasi perlengkapan, kami menikmati pemandangan di sebuah gubuk di tepian sawah.

Ada 3 kata yang dapat menggambarkan trip kami kali ini, seru, seru dan seru. Anda harus membuktikannya sendiri, dan pastikan menggunakan operator arung jeram yang profesional. Untuk reservasi silahkan menuju web official Progo Rafting.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *