Monday, December 18Magelang Online

Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) Magelang

Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) Magelang adalah salah satu Lembaga Pendidikan Tinggi Kedinasan yang bernaung di bawah Departemen Pertanian dan merupakan Unit Pelaksana Teknis Badan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian.

Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian Magelang berlokasi di Jln. Magelang – Kopeng Km. 7 Desa Glagahombo, Kecamatan Tegalrejo, Kabupaten Magelang, Propinsi Jawa Tengah.

Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) Magelang merupakan Pendidikan Tinggi Kedinasan (PTK) lingkup Kementerian Pertanian yang didirikan melalui Surat Keputusan Presiden Nomor 58 tahun 2002, menyelenggarakan program Diploma IV (D-IV) dengan dua program studi (Prodi), yaitu Prodi Penyuluhan Peternakan dan Prodi Penyuluhan Pertanian sesuai Lampiran Surat Mendiknas Nomor 20/MPN/2002.

STTP-MagelangKegiatan mengajar didukung dengan media pembelajaran yang meliputi: komputer/laptop, OHP, sound system dan televisi yang dapat digunakan pada ruang belajar. Khusus untuk mengakses informasi dari luar, disediakan free hotspot sementara untuk mengakses informasi yang bersifat lokal, disediakan Local Area Network (LAN). Suasana akademik pada Program Studi Penyuluhan Peternakan berada dalam kondisi yang kondusif karena disamping sarana dan prasarana tersedia, juga sebagian besar mahasiswa dan dosen berada di lingkungan kampus (mahasiswa di asrama, dosen sebagian di rumah dinas).

Penelitian dilakukan dosen dengan anggaran melalui DIPA Prodi Penyuluhan Pertanian maupun secara swadana atau mandiri dan penyelenggaraannya secara berkelompok maupun sendiri-sendiri. Hasil penelitian dipublikasikan melalui Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Pertanian Prodi Penyuluhan Peternakan maupun jurnal diluar institusi, proceeding, maupun melalui lokakarya dan seminar.

Pelayanan/pengabdian kepada masyarakat pada berupa:
(1) pelayanan kepada masyarakat yaitu pelayanan kesehatan ternak, konsultasi agribisnis, serta pelayanan kelompok;
(2) Pemberdayaan kelompok tani;
(3) Siaran Pedesaan melalui Radio. Pelaksanaan pengabdian masyarakat rata-rata setiap tahun berjumlah 69 kali, dan melalui pengabdian masyarakat ini STPP Magelang mendapatkan 3 (tiga) kali penghargaan dari Presiden.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *