Saturday, April 29Magelang Online

Sarapan Nikmat dan Murah di Warung Sop Senerek Pak Parto

sop senerek magelang asliSop Senerek, sepintas namanya terdengar lucu atau bahkan aneh. Namun begitu melihat wujudnya orang baru sadar bahwa yang dimaksud sebenarnya adalah sop kacang merah. Kuliner khas Magelang ini memang mendapat pengaruh kuat dari hidangan Belanda. Kata “senerek” sendiri berasal dari hidangan Belanda “snert soup” yang berarti sop kacang polong. Pada zaman dulu banyak orang Belanda yang bermukim di Magelang, sehingga pertukaran budaya kuliner dengan masyarakat lokal pun menjadi hal yang lumrah.

Salah satu tempat terbaik untuk mencicipi hidangan khas ini adalah di Warung Sop Senerek Pak Parto. Dulu lokasinya berada di dalam Pasar Rejowinangun Magelang, tapi setelah terjadi kebakaran warungnya pun berpindah tempat di kawasan terminal lama. Sudah menggeluti usaha kuliner selama puluhan tahun, tak heran jika pelanggan Sop Senerek Pak Parto ini cukup banyak. Bahkan tak sedikit yang berasal dari luar kota.

Sop Senerek menggunakan berbagai macam bahan isian seperti kacang merah, bayam, wortel, daun bawang, dan daging sapi. Kacang merahnya dimasak tidak terlalu lembek, sehingga ketika disantap kita masih bisa merasakan teksturnya yang padat. Kuahnya yang bening terasa segar karena menggunakan kaldu yang tipis saja dan tidak mengandung lemak. Meski begitu, rasa gurih dari kuah kaldunya tetap menonjol. Bumbu rempah seperti pala dan lada dalam sop bisa menghangatkan badan.

Untuk penyajian, sop senerek beserta isian sayur dan daging biasanya langsung dicampur dengan nasi. Mirip jika kita menyantap soto di Jawa. Namun untuk mengakomodasi keinginan pelanggan, nasi dan dagingnya juga bisa disajikan terpisah. Sebagai lauk pendamping, tersedia beberapa pilihan seperti perkedel kentang, perkedel daging, tempe goreng kering, telur mata sapi, otak sapi goreng, rempeyek kacang, dan gimbal / bakwan udang.

Selain Kupat Tahu, Sop Senerek Pak Parto ini merupakan salah satu kuliner yang wajib dicoba bila sedang bertandang ke Magelang. Rasanya yang ringan dan menyegarkan membuat Sop Senerek sangat cocok disantap kapan saja, terutama untuk sarapan atau ketika udara sedang dingin. Sepiring Sop Senerek hangat bisa menjadi penawar dingin sekaligus membangkitkan mood untuk memulai hari. Ketika badan terasa kurang fit sop ini juga bisa menjadi penambah energi karena kandungan nutrisinya cukup lengkap. Kuliner sehat yang dapat dinikmati siapapun, terutama mereka yang sedang menghindari masakan bersantan.

Buka: pagi – malam

Lokasi: Jl. Ikhlas C No. 12, Pertokoan Rejo Mulyo, Magelang. Kawasan terminal lama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *