Saturday, September 23Magelang Online

Radio Komunitas K Fm

Sharing is caring!

Radio Komunitas “K” FM berorientasi dalam bidang pendidikan sebagai wahana stimulant kreasi remaja serta sarana belajar Ilmu Pengetahuan dan Informasi dan untuk masyarakat pada umumnya yakni mendorong masyarakat mampu mengaspirasikan suaranya alam sebuah informasi atau berita. Hal ini tertuang dalam visi radio sebagai sarana generasi muda mengali potensi dan mengembangakan kualitas diri serta menyuarakan aspirasi rakyat.

komunitas-radio-KFM

Misi

Untuk mencapai sasaran tersebut “K” FM melaksankan misi melengkapi pendidikan dengan ilmu pengetahuan demi terbentuknya sikap mental generasi muda yang sanggup mengatasi tantangan jaman dan mampu menciptakan peluang masa depan da untuk masyrakat sendiri agar kesehjateraannya lebih diperhatikan atau setidaknya masyarakat dapat belajar memperdayakan dirinya dengan kemampuan dan apa pun yang ada di sekitarnya agar apat berkembang sesuai perkembangan jaman.

Misi tersebut ditempuh awal mulanya dengan memperdayakan anggota IPNU-IPPNU di Kecamtan Dukun, tetapi karena sebuah keadaanyang mungkin tidak tepat dengan visi dan maksud tujuan radio maka misi tersebut di tompang dengan pemberdayaan SDM dari semua kalangan masyarakat tanpa di batasi umur dan latar belakang khususnya kepada kalangan remaja dan pelajar agar dapat menjalankan program radio “K” FM sebagai mana layaknya. Dengan keterpaduan yang lebih umum ke masyarakat diharapkan radio “ K” FM benar-benar menjadi radio komunitas yang dimiliki ileh komunitasnya yakni masyarakat semua.

Ini terlihat dari penyelenggaran radio antara lain dalam pengadaan sarana prasarana maupun keuangan. Sarana prasaranan dikumpulkan dari pengurus, anggota dan simpatisan ( masyarakat ). Rencana keuangan ditempuh dengan menggali potensi keuangan kedalam lingkungan komunitas masyarakat yang mendukung.

Keterpaduan antara pelopor pendirian radio komunitas ini yakni IPNU-IPPNU, GP Ansor, Fatayat , tokoh masyarakatserta seluruh elemen masyarakat pada umumnya di kecamatan dukun yang menjadi ujung tombak perjalanan radio komunitas “K” FM. Dengan demikian diharapkan program radio mampu menyentuh segenap lapisan masyarakat pada umumnya dan khususnya pada generasi remaja di kecamatan dukun. Program radio diharapkan mampu mengangkat persoalan-persoalan komunitas serta mampumampu menjadi sarana untuk menemukan jalan keluar yang bisa direalisasikan oleh segenap komunitas sebagai perwujudan sikap mengatasi tantangan dan menciptakan peluang bagi seluruh komponen masyarakat pada umumnya dak generesai muda pada khususnya.

Siapa saja yang dapat bergabung?

Komunitas melakukan perengrutan dengan cara memanfaatkan sumber daya yang ada di komunitas sesuai dengan kemampuan masing-masing serta pengadaan pelatihan-pelatihan atau mengirimkan pesertya pada bagian-bagian yang dibutuhkan dalam pengurusan maupun pelaksanaan penyiaran sehingga terbentuk potensi-potensi sesuai keahliannya. Dan perlu ditekankan dalan proses ini terus berjalan reorganisai dengan perengrutan secara umum yakni semua kalangan masyarakat yang berminat berkecimpung langsung kedalam keberjalanan radio maka dibuka untuk siapa saja yang berkenan dengan jiwa relawan akan mendapat pelatihan-pelatihan dalam acara yang diadakan misal broadcasting,jurnalisti dll. Intinya siapapun boleh gabung dan belajar bersama-sama.

Maksud dan Tujuan

Maksud dan tujuan pendirian Radio Komunitas adalah dalam bidang penyiaran komunitas. Dalam hal ini dititik beratkan pada komunitas remaja dan pelajar dengan sasaran sebagai media pendidikan, dakwah dan hiburan. Disertai dengan keberjalanan waktu maksud dan tujuan Radio Komunitas yakni untuk mengaspirasikan suara-suara semua masyarakat pada umumnya dengan rekanan-rekanan kerja yang bekerja sama demi kesehjateraan rakyat. Agar masayarakat tidak hanya disuarakan tetapi menyuarakannya. Ditambah dengan media pendidikan dan pengajaran untuk semua kalangan masyarakat khususnya untuk pemuda-pemudi untuik mengembangkan bakat semisal dalam broadcasting radio , jurnalistik dan pelatihan alam sebuah organisasi yang positif dan berguna bagi masyarakat luas.

Sejarah

Ide pendirian radio berawal dari poses perjalanan IPNU-IPPNU Kecamtan Dukun yang merindukan adanya sebuah program pemberdayaan warga sebgai langkah real yang bermanfaat secara langsung. Hal ini tercetus dalam dirosahilmiah IPNU-IPPNU Anak cabang Dukun dengan tema “ IPNU-IPPNU menyongsong peluang dan tantangan “. Pada tanggal 13 Februari 2004 di Pondok Pesantren Darussalamah Soka, Sewukan, Dukun, Magelang. Resum dirosah tersebut ditindak lanjuti dengan diskusi-diskusi pengurus untuk memetakan kondisi generasi muda kecamatan Dukun. Pengurus akhirnya menyepakati bahwa generasi muda di kecamtan Dukun membutuhkan suatu langkah terobosan yang kreatif, inovatif dan informative.

Dengan bantuan pihak-pihak terkait seperti alummi IPNU-IPPNU, pimpinan Anak Cabang GP Ansor , Fatayat di Kecamatan Dukun, serta pimpinan Mys Aswaja Dukun, IPNU-IPPNU kecamatan Dukun merintis berdirinya radio komunitas diberi nama “ K” FM.

Dengan keberjalanan waktu sampai tahun 2010 ini Radio Komunitas K FM bergerak dengan lebih condong kemasyarakat umumnya dengan berbasis komunitas masyarakat murni dengan reorganisasian yang berlanjut. Disertai dibentuknya JRK-Jateng sebagai payung untuk radio komunitas di Jawa Tengah di bawah kendala JRKI.

Didirikan 5 Desember 2005

Alamat:
Lantai 2 Komplek MTS Aswaja Dukun,Alamat Dsn.Tegalsari,Desa.Dukun,Kecamatan.Dukun,Kab.Magelang 56482.
Facebook : https://www.facebook.com/Rakom.KFM.Magelang
Twitter : @RakomKFM
Email : kfm.radio@yahoo.com

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *