Thursday, March 23Magelang Online

Program Pembelajaran Desa Bahasa Borobudur Akan Diterapkan Di Jepang

desa bahasa borobudur magelang

Ryuichi Yorozuya, Hiroki Ishizuka dan Akinobu Shimura, tiga orang professor dari Hokaido Universty of Education Japan kagum dengan program belajar bahasa inggris yang menyenangkan di desa Bahasa Borobudur, Kabupaten Magelang. Secara tidak langsung pun ketiga professor ini berniat menerapkan metode ini di negara asalnya Jepang.

Ketiga professor asal Jepang ini melakukan kunjungan ke Desa Bahasa dengan tujuan melakukan penelitian singkat selama sehari di desa tersebut. Selain bercakap-cakap dengan Founder Desa Bahasa, Hani Sutrisno, para ahli ini juga berpartisipasi dalam proses beajar bahasa inggris dengan metode cas cis cus khas desa bahasa.

Dengan metode ini, pembelajaran bahasa inggris untuk semua golongan umur dan pendidikan semakin lebih murah. Tidak mengejutkan jika anak-anak SD di desa bahasa Borobudur ini sudah mahir berbicara menggunakan bahasa Inggris. “Saya terkesima. Di sini mereka tidak menggunakan metode tenses dan toefel, tapi semua mahir berbahasa Inggirs,” kata Akonibu Shimura, salah satu dari ketiga profesor yang didampingi oleh penerjemah.

Metode pembelajaran bahasa inggris cas cis cus ini tambahnya lagi, akan diimplementasikan di Jepang. Tetapi, lebih dulu pihaknya akan mendatangkan pengajar dari Jepang untuk belajar metode ini.

image source: http://kampungbahasaborobudur.blogspot.com

 

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *