Wednesday, November 22Magelang Online

PLN MAGELANG

Sharing is caring!

PLN-MAGELANGKelistrikan di Indonesia dimulai pada akhir abad ke-19, pada saat beberapa perusahaan Belanda, antara lain pabrik gula dan pabrik teh mendirikan pembangkit tenaga listrik untuk keperluan sendiri. Kelistrikan untuk kemanfaatan umum mulai ada pada saat perusahaan swasta Belanda yaitu NV NIGN yang semula bergerak dibidang gas memperluas usahanya di bidang listrik untuk kemanfaatan umum. Pada tahun 1927 Pemerintah Belanda membentuk s’ Lands Waterkracht Bedrijven (LB) yaitu perusahaan listrik negara yang mengelola PLTA Plengan, PLTA Lamajan, PLTA Bengkok Dago, PLTA Ubrug dan Kracak di Jawa Barat, PLTA Giringan di Madiun, PLTA Tes di Bengkulu, PLTA Tonsea Lama di Sulawesi Utara dan PLTU di Jakarta. Selain itu di beberapa Kotapraja dibentuk perusahaan-perusahaan listrik Kotapraja.

Dengan menyerahnya pemerintah Belanda kepada Jepang dalam perang Dunia II maka Indonesia dikuasai Jepang; oleh karena itu perusahaan listrik dan gas yang ada diambil alih oleh Jepang dan semua personil dalam perusahaan listrik tersebut diambil alih oleh orang-orang Jepang. Dengan jatuhnya Jepang ke tangan Sekutu dan diproklamasikannya kemerdekaaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945, maka kesempatan yang baik ini dimanfaatkan oleh pemuda serta buruh listrik dan gas untuk mengambil alih perusahaan-perusahaan listrik dan gas yang dikuasai Jepang.

Setelah berhasil merebut perusahaan listrik dan gas dari tangan kekuasaan Jepang, kemudian pada bulan September 1945, Delegasi dari Buruh / Pegawai Listrik dan Gas yang diketuai oleh Kobarsjih menghadap Pimpinan KNI Pusat yang waktu diketuai oleh Mr. Kasman Singodimejo untuk melaporkan hasil perjuangan mereka. Selanjutnya delegasi Kobarsjih bersama-sama dengan Pimpinan KNPI Pusat menghadap Presiden Soekarno, untuk menyerahkan perusahaan-perusahaan listrik dan gas kepada Pemerintah Republik Indonesia. Penyerahan tersebut diterima oleh Presiden Soekarno dan kemudian dengan Penetapan Pemerintah tahun 1945 No. 1 tertanggal 27 Oktober 1945 maka dibentuklah Jawatan Listrik dan Gas dibawah Departemen Pekerjaan Umum dan Tenaga.

Dengan adanya Agesi Belanda I dan II sebagian besar perusahaan-perusahaan listrik dikuasai kembali oleh Pemerintah Belanda atau pemiliknya semula. Pegawai-pegawai yang tidak mau bekerjasama kemudian mengungsi dan menggabungkan diri pada kantor-kantor Jawatan Listrik dan Gas di daerah-daerah Republik Indonesia yang bukan daerah pendudukan Belanda untuk meneruskan perjuangan. Para pemuda kemudian mengajukan mosi yang dikenal dengan Mosi Kobarsjih tentang Nasionalisasi Perusahaan Listrik dan Gas Swasta kepada Pemerintah. Selanjutnya kristalisasi dari semangat dan jiwa mosi tersebut tertuang dalam Ketetapan Parleman RI No 163 tanggal 3 Oktober 1953 tentang Nasionalisasi Perusahaan Listrik milik bangsa asing di Indonesia, jika waktu konsesinya habis.

Sejalan dengan meningkatnya perjuangan bangsa Indonesia untuk membebaskan Irian Jaya dari cengkeraman penjajah Belanda maka dikeluarkan Undang Undang Nomor 86 tahun 1958 tertanggal 27 Desember 1958 tentang Nasionalisasi semua perusahaan Belanda dan Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 1958 tentang nasionalisasi listrik dan gas milik Belanda.

Dengan Undang-undang tersebut, maka seluruh perusahaan listrik Belanda berada ditangan bangsa Indonesia.

Sejarah ketenagalistrikan di Indonesia mengalami pasang surut sejalan dengan pasang surutnya perjuangan bangsa. Tanggal 27 Oktober 1945 kemudian dikenal sebagai Hari Listrik dan Gas, hari tersebut telah diperingati untuk pertama kali pada tanggal 27 Oktober 1946 bertempat di Gedung Badan Pekerja Komite Nasional Indonesia Pusat (BPKNIP) Yogyakarta. Penetapan secara resmi tanggal 27 Oktober 1945 sebagai Hari Listrik dan Gas berdasarkan keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Tenaga, Nomor 20 tahun 1960. Namun kemudian berdasarkan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Tenaga Listrik, nomor 235/KPTS/1975 tanggal 30 September 1975 peringatan Hari Listrik dan Gas yang digabung dengan Hari Kebaktian Pekerjaan Umum dan Tenaga Listrik yang jatuh pada tanggal 3 Desember. Mengingat pentingnya semangat dan nilai-nilai hari listrik, maka berdasarkan Keputusan Menteri Pertambangan dan Energi, Nomor 1134.K/43/MPE/1992 tanggal 31 Agustus 1992 ditetapkan tanggal 27 Oktober sebagai Hari Listrik Nasional.

Visi

Diakui sebagai Perusahaan Kelas Dunia yang bertumbuh-kembang Unggul dan Terpercaya dengan bertumpu pada Potensi insani

Misi

Menjalankan bisnis kelistrikan dan bidang lain yang terkait, berorientasi pada kepuasan pelanggan, anggota perusahaan dan pemegang saham.
Menjadikan tenaga listrik sebagai media untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat.
Mengupayakan agar tenaga listrik menjadi pendorong kegiatan ekonomi.
Menjalankan kegiatan usaha yang berwawasan lingkungan.

Moto PLN : Listrik untuk kehidupan yang lebih baik

Penerapan Nilai-Nilai :

  • Saling percaya
  • Integritas
  • Peduli
  • Pembelajar

Alamat PLN MAGELANG

Jl. Jend. A. Yani No. 14
Magelang
Telp. (0293) 363355, Jwots : 51127
Fax. (0293) 362144

loading...

30 Comments

  • dony

    PLN,,,di daerah deyangan mertoyudan akhir” ini sering padam…tolonglah di setabilkan,karena ini menyangkut kpentingan orang banyak,listrik digunakan utunk keperluan usaha.

  • mita

    PLN.. listrik di perum bumi gemilang padam sejak semalam belum hidup..tolong segera di perbaiki mengingat sekarang lagi ujian,,jadi anak anak tidak bisa belajar maksimal.trmksh

  • Pawiro

    PLN sehat??? Dari jam 2 matek qi pie wilayah trasan bandongang… iki wis meh jam 3.. wayahe gawe gugahi sahur, wayahe do masak gawe sahur, wayahe sahur juga… iki hari pertama sahur lho.. kwe metengi wong pirang2 ndeso lho tanggung jawab ra cengengesan..

  • sholikin

    Mohon dilakukan pengecekan penerangan di dusun gintung desa jambewangi. Ataw belakang rsj kramat..tepatnya penerangan di dekat pemancingan dsn gintung..arah ke dusun palembon…lampu penerangan mati sudah berbulan bulan…mohon segera di tanggapi ya…trimakasih..

  • sugeng

    tolong beberapa hari ini di daerah borobudur sepanjang jalan sudirman (syailendraraya) tiap magrib pasti padam.. kenapa?!!..

  • khoirul anam

    pasang baru sekarang di persulit dengan alasan berbagai macam..walau kartu KIS dn KKS ada tetep bilang gak bisa pasang yang daya 450 bukannya mencarikan solusi biar biasa itu gimana malah suruh daya 1300..apa disini ada yang bisa jawab..solusiny gimana agar kluarga saya bisa pasang listrik daya 450 tanpa calo..trimakasih

  • gunawan

    Mohon bantuannya terjadi penurunan voltase listrik di rt 05/rw05 dusun Cabeyan Desa Bligo kec ngluwar kab Magelang, sejak semalam voltase turun di 10 rumah. Mohon bantuannya utk di cek dari PLN.

  • Hendra Tjahjadi

    Nomer call canter PLN ga bisa dihubungi.
    terdengar seibu melulu. Apa petugasnya pada ngrumpi aja kerjanya. Atau sengaja di setting supaya pelanggan tidak bisa hubungi???
    Tolong dicabut saja call centernya dan web nya ditutup saja. Percuma dibuat klo tidak menjawab respon masyarakat.
    hari ini ini dari pagi sampai siang 13.30 listrik di prayudan mati. Kami tidak bisa hub call center. Apa perlu kita kirim keluhan langsung ke pusat Jakarta?

    Matur suwun

  • Rohmt

    pak mau nanya kl mau nurunin daya gimana caranya kok saya ke pln magelang katanya gk bisa? sy pasang baru, sy minta yg 450 V, tp katanya gk bisa.trs malah dipasang yg 130 v.nah sy keberatan krn gk mampu bebanya terlalu berat. tlg dibnatu

  • Budi susanto

    Bapak / ibu petugas PLN, daerah plembangan banyuwangi bandongan magelang mati lampu dari sore hari.. Mohon segera dihidupkan / dilakukan perbaikan

  • Budi susanto

    Bapak / ibu petugas PLN, daerah plembangan banyuwangi bandongan magelang mati lampu dari sore hari.. Mohon segera dihidupkan / dilakukan perbaikan

    Tolong ya kasihan bayi bayi

  • Catur nur yanto

    Pelayanan kurang memuaskan…saya datang untuk memambah daya karena saya tidak tahu saya tanya.tapi tanggapan pekerja(wanita bag.tambah daya) terlalu menyepelekan.tolong di benahi tentang pelayanan khususnya bagian tambah daya…karena kami nasabah bukan orang minta2 yg gratis untuk pemakain listrik jd tolong layani kami dg sebaik mungkin.

  • consumen

    ijin lapor, di daerah Candimulyo magelang kerap kali dijadikan langganan pemadaman aliran listrik. adapun pemadaman sering berlangsung diwaktu sore hingga dinihari. kerap kali hanya masalah maintenance and repair yang menjadi penyebabnya. kami warga candimulyo menuntut profesionalisme dari PLN yang bersangkutan. bukan hanya slogan/motto/visi/misi saja yang profesional, tapi wujud nyata dlm pelayanan yang kami harapkan. karena itu salah satu hak daripada konsumen listrik.
    jangan jadikan daerah kami sebagai langganan pemadaman dalam jangka waktu lama, sedangkan daerah lain tidak mengalami hal serupa, banyak sudah kerugian yang kami alami akibat jadi langganan pemadaman dari dahulu hingga kini.
    terima kasih.

  • budi prasetya

    Tlg daerah wonokromo sumberrejo mertyudan magelang listrik padam, satu tiang listrik sekitar 10 kk,tlg segera ditindak lanjuti matursuwun

  • ajik

    Pln listrik area mertoyudan belakang sektor sebagian padam sebagian tidak padahal dari pal yang sama.tolong segera fi tindak lanjuti area di belakang sektor mertoyudan.

  • agus susilo

    lampu penerangan jalan (mercuri) yang terletak di depan masjid Ar Rasyid. jl Manggis RT.03 /01 Randusari Kramat Utara. sudah 1 bulan padam. mohon untuk diperbaiki . trimakaaih

  • hendra

    Minta tolong perumahan citra harmoni desa bondowoso mertoyudan mati listrik saat ini,td siang jg, telp ke pln kota infonya sudah hidup tp kenyataanya msh mati listrik

  • yuliana

    Mohon perbaikan listrik rumah saya tadi mlm sekitar jam 1 tiba tiba anjlok saklar meteran tidak bisa digeser lagi. alamat pasaranyar rt 05 rw 07 sumberrejo mertoyudan mgl rumah pak Sudir. trimaksh

  • yuyun nurcahyani

    listrik di daerah paten jurang akhir akhir ini sering mati,udah gitu matinya lama bgt,bisa sampai sore baru nyala,apa tiap hari tuch ada kerusakan terus dijaringan listriknya atau bgmna ? ini sangat gak nyaman, tolong pihak PLN berilah pelayanan yg memuaskan bagi pelanggan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *