Thursday, August 17Magelang Online

Monumen Bambu Runcing Muntilan

Sharing is caring!

bambu runcing postKalau berkunjung ke kota Muntilan, jangan lupa untuk sempatkan
waktu mampir di Monumen Bambu Runcing Muntilan, untuk sekedar melepas
penat, beristirahat sejenak atau sekedar memanjakan perut dengan jajan di warung-warung tenda di sekitaran monumen bambu runcing.

Monumen Bambu Runcing adalah bangunan khas yang terdapat di kota Muntilan. Di bangun tahun 70 an yang sekarang menjadi arena taman bermain bagi seluruh warga Muntilan dan sekitarnya. Bagi sebagian orang, mungkin termasuk warga sekitar, Bambu Runcing punya arti sendiri.

Monumen ini dibangun untuk mengenang para pahlawan yang berjuang
melawan penjajahan dengan senjatakan bambu runcing. Monumen berbentuk
menyerupai bambu runcing ini tepatnya berada disebelah barat kota muntilan, kabupaten magelang, jawa tengah, indonesia. ada juga yang berkata Monumen ini adalah merupakan monumen selamat datang bagi orang yang akan memasuki muntilan dari arah magelang / semarang.

Suasana di area monumen ini sejuk karena didukung oleh pepohonan yang rimbun,disekitar monumen ini ada beberapa patung pahlawan memakai senjata bambu runcing. Selain itu, kini disisi timur monumen ada juga tempat bermain anak,
ada ayunan, jungkat-jungkit, becak mini, serta patung patung binatang, Disekitarnya juga banyak pedagang lesehan yang menjual aneka makanan khas dari kota muntilan. Disebelah selatan monumen ini terdapat pusat kerajinan batu prumpung. Di tempat ini banyak dibuat patung-patung dari batu. Tempat ini dapat diakses dari Magelang – muntilan –monumen bambu runcing, atau bisa juga dari jogjakarta.

Didekat area monumen Bambu Runcing, terdapat sentra kerajinan batu
pahat yang sangat indah menawan. Banyak seniman-seniman pahat membuka
showroom di daerah prumpung. Harga yang ditawarkan juga bervariasi dan
tentunya masih terjangkau. Tak ada salahnya mampir ke showroom seni pahat, sekedar melihat-lihat atau membeli untuk oleh-oleh sanak saudara.

Source image: http://pendekartidar.org

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *