Thursday, March 23Magelang Online

Menikmati Segarnya Udara di Wisata Kopeng

Jika Merapi punya Kaliurang, makan Merbabu punya Kopeng. Bukan suatu kebetulan namun memang kopeng menjadi sebuah objek wisata yang dinikmati karena nuansa pedesaan dan sejuknya udara yang ada dikawasan ini.

Taman Wisata Kopeng

Lokasi WIsata Kopeng Magelang berada tepat di kaki gunung Merbabu. Wisata Kopeng jika disebut hanya dimiliki Magelang mungkin bisa dibilang kurang tepat mengingat daerah ini dibelah oleh perbatasan Magelang dan Salatiga. Sebenarnya tidak menjadi masalah selama bisa menikmati pemandangan yang indah dan udara segar khas pegunungan di kawasan ini.

Tempat Wisata Kopeng meliputi:

  • Wisata yang dikelola Oleh Perum Perhutani adalah semua Kawasan Hutan Taman Nasional Gunung Merbabu. Dan Gunung Merbabu itu sendiri sebagai wisata pendakian. Areanya meliputi: Bumi perkemahan umbul songo, Air terjun umbul songo, kolam renang umbul songo, dua wisma  Perhutani (Griya Wana Lestari) dan termasuk wisata baru Kopeng Treetop Edventure (arena petualangan dengan tali temali, terbang meluncur dan panjat pohon dan terjun atau meniti jembatan tali dengan ketinggian yang bervariasi) yang ada  di kopeng semenjak 2 tahun yang lalu, adalah berada di area hutan Wisata Kopeng.
  • Yang dikelola oleh Koperasi TNI AD yaitu Wisata dan Pemandian Hotel Kopeng sekarang bernama Hotel Kartika Wisata,  meliputi, Hotel induk Kartika wisata Kopeng aula serta Loby, kolam renang, Villa/wisma sekitar gedung loby, lapangan Tenis, pasar sayur dan cindera mata, serta taman bermain anak.

Penginapan dan Hotel di Kawasan Wisata Kopeng:

Hotel maupun penginapan di Kopeng pada dasarnya mungkin lebih cocok disebut dengan Pondok-pondok penginapan, karena sebagaimana layaknya sebuah hotel, tentunya harusnya memilik beberapa kriteria disamping kamar-kamar tidur seperti, aula pertemuan, ruang coofee break, kolam renang hotel, aula makan, dan lain-lain. Namun yang terjadi di lokasi wisata ini adalah, kebanyakan tempat yang diberi nama HOTEL, yang jumlahnya sangat banyak ternyata hanya sekedar kamar tidur dengan kamarmandi dalam. Lebih tepat lagi mungkin jika disebut seperti kamar kost sedikit mewah, dan model tarif hotel di kawasan kopeng ini pun adalah per kamar dengan jam yang bisa di nego alias melalui makelar kamar yang bertebaran di sepanjang jalan-jalan wisata di Kopeng.Tips Menginap di Kopeng.
Jangan kaget ketika mencari penginapan dan langsung diberondong oleh para calo hotel. Jika berminat jangan lupa untuk menawar 50% dan jangan lupa tanyakan ada fasilitas mandi air panas atau tidak, karena itu penting bagi yang tidak biasa mandi dengan air dingin.Memang ada beberapa penginapan yang sudah memiliki standar pelayanan yang memadai namun itupun jumlah hanya beberapa. Berikut beberapa hotel di Kawasan Wisata Kopeng yang bisa menjadi referensi:

  • Catalina Hotel: Jl Raya Kopeng Km 8,5 SALATIGA, kategory hotel baru  Telepon: 0298-318075
  • Garuda Hotel: Jl Raya Kopeng Km 13,6 SALATIGA, ada di desa kopeng dukuh sidomukti, 1 km dari terminal wisata pemandian kopeng/ gerbang taman wisata hotel pemandian kopeng. Merupakan Villa Jaman kemerdekaan yang di kelola oleh PUSKOPAT TNI AD Telepon: 0298-318178
  • Griya Loka Indah Hotel: Terletak di Dusun Sleker Desa kopeng, sebelum hotel garuda  km 13,4 SALATIGA. Telepon: 0298-318100
  • Kartika Wisata Kopeng Hotel: Jl Raya Salatiga – Magelang Km 12,2  SALATIGA,  No Telepon: 0298-318344
  • Kenanga Hotel: Jl Raya Salatiga-Kopeng Km 7, 6 SALATIGA, Telepon: 0298-318397

Model penginapandalam bentuk villa keluarga juga ada dikawasan wisata Kopeng. Jika datang dengan rombongan satu atau dua keluarga yang akan berlibur dan menginap lebih cocok kalau menyewa jasa villa-villa ini. Terdapat 6 villa yang tersebar di sekitar lokasi pemandian hotel kopeng.

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *