Mandala Wisata Borobudur

 Alam, Wisata

mandala wisata postBorobudur merupakan sebuah candi besar yang sangat terkenal di dunia. Candi dengan nuansa keagamaan Buddha ini menjadi ciri khas Negara Indonesia yang memang memiliki keanekaragaman budaya. Adanya candi yang menyedot wisatawan baik di dalam maupun luar negeri menggugah kesadaran pemerintah daerah untuk mengembangkan wilayah ini sebagai wana wisata alias kompleks wisata yang dilengkapi dengan fasilitas spesial.

Mungkin letak candi Borobudur ini memang bukan di wilayah kota Magelang, bahkan cukup jelas bahwa letaknya di sebuah desa bernama Desa Boro Budur. Kebanyakan orang yang tiba kemari dengan guide akan mengitari candi Borobudur sambil mendengarkan penjelasan mengenai relief, mitos, dan juga sejarah yang sudah menjadi paket dari adanya candi ini sendiri.

Setelah itu di sesi bebas, mereka akan berfoto-foto dan selesailah sudah. Pemerintah cukup cerdas membangun wana wisata di kompleks Borbudur ini, sebab pengunjung memiliki aktifitas yang lebih dari sekedar datang, mendengar penjelasan lalu berfoto.

Mungkin beberapa orang menanti-nantikan waktunya sunset dan sunrise dari Candi Borobudur yang memang terkenal keindahan siluetnyadi waktu-waktu matahari tenggelam dan terbit. Hanya saja, keindahan tersebut hanya bias dinikmati selama 15 menitan saja kemudian anda harus menunggu beberapa jam lagi untuk mendapatkan momen matahari menyiluetkan patung dan candi yang megah ini.

Keputusan dibuatnya sebuah kompleks wana wisata mandala Borobudur ini memang sarat dengan urusan bisnis dan jasa. Disini, ada beberapa tempat yang boleh menjadi pilihan anda untuk anda kunjungidi dalam kompleks wana wisata Borobudur ini.

Tempat pertama yang harus anda kunjungi adalah wisata kulinernya yang ajib. Datanglah ke Kedai Bumbu Rempah yang terletak dalam kompleks Wana Wisata Borobudur ini. Disini anda bisa memesan makanan dengan harga terjangkau. Menu yang ditawarkan cukup beragam, tetapi menu yang menjadi andalan sate, tongseng, dan juga tengkleng (tulang) Iga bumbu rempah.

Rumah makan dengan kapasitas kurang lebih 50 orang ini masuk dalam taraf rumah makan keluarga. Harga yang dipatok cukup terjangkau untuk kawasan wisata, yaitu berkisar mulai dari 6000 rupiah hingga 14.000 rupiah untuk makanannya, serta 2000 rupiah ke atas untuk harga minumannya. Jika anda hendak berkunjung kemari, datanglah pukul 08.00 hingga 22.00 WIB.

Selain adarumah makan kedai Bumbu Rempah yang murah meriah tapi nendang, anda bisa menginap di Hotel Borobudur jika anda ingin memotret sunrise di candi Borobudur ini. Daripada anda harus naik travel pagi buta, sebaiknya anda menginap disini.

Lokasinya sangat dekat denga candi Borobudur, sebab berada dalam kompleks ini. Bahkan sangat strategis karena berlkasi di depan pintu masuk candi Borobudur dan dekat pula dengan pusat perbelanjaan. Mengenai harganya, anda jangan khawatir harus menjebol simpanan anda di ATM. Disini, harganya bahkan di bawah kata murah.

Ya, cukup merogoh kantong anda sedikit, anda sudah bisa tidur nyenyak sambil menanti sunrise yang cantik. Berapakah kisaran harganya? Hanya dengan 60.000 rupiah anda bisa menghempaskan tubuh anda di kamar tanpa kamar mandi dan 80.000 rupiah anda sudah bisa cukup nyaman dengan kamar yang memiliki fasilitas kamar mandi pribadi. Hanya saja, hotel ini tidak menyediakan sarapan pagi dan tidak ada restoran. Tapi anda bisa cukup lega karena banyak sekali warung makan di sekitar ini.

Mungkin anda merasa kurang puas dengan satu referensi kuliner yang direkomendasikan disini. Jika iya, cobalah untuk mengunjungi restoran khas masakan padang bernama lengkap Rumah Makan Padang Borobudur Indah. Letaknya bersebelahan dengan Pondok Tingal Hotel dimana anda bisa menemukan museum Sasana Guna Rasa yang menyimpan koleksi wayang dalam jumlah ribuan.

Rumah makan padang ini buka mulai pukul 06.00 WIB sampai dengan pukul 21.00 malam. Rumah makan dua lantai ini mampu menampung sekitar 200 orang pengunjung dan sangat cocok untuk rombongan wisatawan, melangsungkan acara arisan, ulang tahun, maupun reunisn.

Menu utama yang menjadi andalan adalah Gulai Kepala Kakap. Sementara harganya berkisar mulai 10.000 rupiah untuk makanannya dan 2000 rupiah untuk minumannya. Ada pula beberapa paket menu yang ditawarkan dengan kisaran harga mulai 12.000 rupiah hingga 22.000 rupiah untukpaket makanan dan minuman yang hemat.

Wana Wisata Mandala Borobudur ini tidak hanya terdiri dari kuliner melulu atau tempat menginap. Ada juga berbagai toko kelontong, toko cinderamata, jasa pemandu wisata, sampai travel. Tanah seluah 85 hektar yang telah di bebaskan untuk dijadikan kompleks wisata ini mulai beroperasi sejak tahun 1980-an.

Hanya saja sektor dagang dan juga sektor pariwisata mengakibatkan desa Boro Budur ini menjadi banyak sampah dan kurang ramah bagi masyarakat desa Boro Budur sendiri. Oleh karena itu sejak tahun 2008, pemerintah telah melakukan brain storming untuk menghadapi masalah ini. Master plan utama dilakukan dengan pendekatan partisipatif oleh Green Map Indonesia.

Dengan dilakukannya beberapa bentuk diskusi dengan berbagai lapisan masyarakat, telah berhasil terdokumentasikan sejarah masa lalu dari wilayah ini, sehingga direncanakan sebuah tindak lanjut yang berdasar oleh dua peta hijau: Peta Hijau Desa Borobudur dan Peta Hijau Taman Wisata Candi Borobudur.

Kegiatan ini berada di bawah satu kegiatan besar Peta Hijau Mandala Borobudur. Saat ini, Wana Wisata Mandala Borobudur sudah sangat layak dinikmati setelah adanya proses tindak lanjut Peta Hijau Mandala Borobudur.



data-ad-client=”ca-pub-6538228045808711″
data-ad-slot=”8421688257″>

Author: 

Adnan Resa , seorang anak dari bapak dan ibu, seorang kakak dan seorang sulung. Blogger kambuhan yang saat ini berusaha mendalami ilmu pesugihan SEO, social media dan E-commerce. Kalau ketemu dijalan mohon disapa. Ikuti update dari saya di tombol social dibawah ini. Tetep buncit tetep sehat dan happy maos sedulur. Salam kemepyar!

No Responses

Leave a Reply