Tuesday, October 24Magelang Online

Kuliner dan Oleh-Oleh Khas Magelang Gethuk Bollen

Sharing is caring!

gethuk bollen postSiapa yang tidak tahu gethuk. Panganan tradisional ini menjadi salah satu ikon kuliner magelang dan oleh-khas daerah magelang. Saat ini gethuk yang berasal dari magelang sejak dulu sama sekali tidak berubah dari rasa dan tampilannya. Hal in untuk mempertahankan keaslian cita rasa dan kualitas dari kuliner khas magelang ini. Tapi siapa sangka saat ini gethuk magelang telah di modifikasi dan dikembangkan untuk mengikuti perkembangan jaman.

Inilah kombinasi unik antara resep kue tradisional dan modern yang menghasilkan penganan yang unik pula bernama gethuk bollen.

Bagi masyarakat Jawa, gethuk barangkali sudah tidak asing lagi. Penganan yang terbuat dari bahan dasar singkong ini banyak dijumpai di Jawa Tengah. Bahkan, bagi warga Kota Magelang, gethuk sudah menjadi ikon Kota sejak dahulu. Rasanya yang legit manis dicampur dengan parutan kelapa yang gurih membuat jajanan ini terasa ngangeni.

Sedangkan bollen adalah makanan khas Bandung. Sejenis roti kering berlapis lapis atau sering disebut pastry. Biasanya bollen yang berisi aneka topping seperti pisang, keju, cokelat, kacang atau bahan lainnya. Namun saat ini bollen sudah dipadukan dengan gethuk yang menghasilkan panganan tradisional magelang dengan tampilan yang berbeda. Rasa gethuk yang legit manis dan lembut berpadu dengan kulit pastry yang gurih dan renyah membuat kue ini cocok untuk camilan teman minum teh atau kopi.

Inovasi membuat gethuk bollen itu dimulai sejak 2011 lalu oleh salah satua produsen roti lokal di magelang. Di Magelang banyak sekali ditemukan makanan gethuk. Namun kebanyakan masih sebatas gethuk asli tanpa variasi.

Proses pembuatan gethuk bollen hampir sama dengan pembuatan roti pastry pada umumnya. Diawali dengan membuat kulit pastry yang berlapis-lapis. Kemudian membuat adonan gethuk yang juga hampir sama dengan gethuk lainnya, mulai dari perebusan ketela pohon, dihaluskan, lalu dibentuk bola-bola kecil. Adonan bola-bola ini kemudian dimasukkan ke adonan bollen lalu dipanggang. Biasanya adonan gethuk kan hanya direbus atau dikukus. Sedangkan untuk gethuk bollen khas magelang proses akhirnya yaitu panggang.

Tidak berlebihan jika hingga saat ini gethuk bollen semakin banyak peminat, bahkan menjadi salah satu makanan oleh-oleh khas Kota Magelang yang wajib dibeli.

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *