Thursday, October 19Magelang Online

Kemeriahan Grebeg Gethuk Magelang 2014

Sharing is caring!

Dilaksanakan setiap tahunnya di Kota Magelang, Prosesi Grebeg Gethuk Magelang tahun ini jatuh pada hari minggu tanggal 20 April 2014. Tradisi asli magelang ini memang tergolong unik dan berbeda Grebeg Gethuk Magelang 2014 menarik perhatian ribuan warga masyarakat magelang. Gethuk sebagai jajanan khas dari magelang yang berbahan dasar singkong ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Kota Magelang khususnya.

grebeg gethuk magelang 2014 getuk hari jadi magelang 1108Prosesi Grebeg Gethuk Magelang dipusatkan di alun-alun Kota Magelang sebagai central kegiatan. Dalam prosesi terdapat 2 gunungan Gethuk yang dirangkai dari 1108 buah gethuk sebagai perlambangan hari jadi Kota Magelang ke-1108. 2 gunungan ini menjadi rebutan ribuan warga Kota Magelang. 1 gunungan berbentuk lancip sebagai perlambangan dari jaler (pria) dan 1 gunungan lagi berbentuk bulat sebagai simbol setri (wanita).

Selain 2 buah gunungan gethuk raksasa tersebut ada 17 gunungan lain yang dibuat oleh partisipan grebeg gethuk Magelang yang terdiri dari palawija dan sayur mayur pun tidak lepas jadi bahan rebutan warga. 17 Gunungan palawija adalah hasil karya 17 kelurahah yang ada di Kota Magelang. Sebelum prosesi rebutan gunungan, 17 gunungan tersebut ditampilkan terlebih dahulu untuk dinilai dewan juri yang terdiri dari wakil warga dan walikota magelang.

Dalama Grebeg Gethuk Magelang 2014 ini disajikan pula tarian yang diikuti oleh 100 orang penari yang menggambarkan tentang peperangan Pandhita dan Buto yang memiliki niat jahat. Prosesi dilanjutkan dengan upacara dalam adat jawa dengan semua peserta yang menggunakan pakaian adat juga. Semua proses upacara dilakukan dalam adat dan budaya jawa termasuk pemberian apa dan sambutan oleh inspektur upacara. Setelah prosesi upacara selesai acara dilanjutkan dengan kirab budaya yang diikuti oleh semua lapisan masyarakat di Kota Magelang. Kabar baiknya bagi pemenang karnaval kirab atau karnaval kali ini nantinya akan diikutsertakan dalam lomba kirab tingkat propinsi pada 2015..

Sebagai langkah untuk menyambut dan mendukung penuh kampanye visit Magelang 2015, acara-acara seperti ini menjadi daya tarik yang luar biasa untuk masyarakat dan diharapkan nantinya menjadi destinasi wisata bagi seluruh wisatawan mulai dari domestik hingga mancanegara.

Sebagai media online pun Magelang Online tidak mau ketinggalan dengan menampilkan info-info seputar magelang untuk memudahkan warga magelang dan wisatawan untuk lebih mengenal Kota Magelang dan sekitarnya.

Ayo neng Magelang, Visit Magelang 2015

image source: Kompas

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *