Wednesday, March 22Magelang Online

Jajanan Khas Pothil Magelang

jajanan khas magelang pothil postSetiap kota maupun daerah di nusantara ini pasti memiliki jajanan khas yang berasal dari daerahnya. Tidak terkecuali kota magelang yang memiliki jajanan khas magelang sendiri tentunya. Jajanan khas magelang ini pasti sudah tidak asing lagi bagi warga asli magelang. Tapi Bagi yang berasal dari luar daerah magelang mungkin jajanan asli magelang ini bisa menjadi referensi oleh-oleh saat mampir atau berkunjung ke magelang.

Camilan yang satu ini bukan hanya rasanya yang renyah tetapi juga gurih-gurih enak. Bentuknya unik dengan warna kecokelatan dan bagian tengah bolong seperti cincin. Dinikmati sebagai camilan kriuk maupun pelengkap makan bakso dan soto jajanan khas magelang ini memang paling cocok dan tentu saja meningkatkan selera makan.

Pernah mencicipi pothil? Pothil banyak dijumpai di Magelang dengan bahan baku singkong. Pertama-tama singkong tersebut ditumbuk halus hingga menjadi tepung. Setelah ditambahkan beraneka bumbu dan perasa kemudian barulah dibentuk-bentuk seperti cincin kemudian digoreng hingga berwarna kecoklatan.

Jika dulu pothil hanya dijual dengan rasa gurih saja, tetapi kini ada beragam rasa seperti keju, jagung bakar, atau pizza. Kini ukurannya pun ada yang besar dan kecil. Rasanya yang keriuk renyah ini ternyata banyak disukai. Hingga kini pothil telah menjadi jajanan atau oleh-oleh khas Magelang yang banyak digemari.

Penjualnya pothil kebanyakan berasal dari usaha rumahan, sebab selain bahan bakunya mudah didapat juga modalnya tidak terlalu besar. Untuk seplastik pothil biasanya dihargai sekitar Rp 8000,00 – Rp 10.000,00. Mau dimakan sebagai camilan atau oleh-oleh saat berkunjung ke magelang, pothil bisa menjadi pilihan variasi oleh-oleh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *