Thursday, July 20Magelang Online

Gurih “Alot” Jajanan Geblek Magelang

Sharing is caring!

Geblek adalah makanan khas magelang yang bisa membuat penikmatnya menjadi keringetan gara-gara olahraga mulut. Bagaimana tidak tekstur makanan ini kurang cocok jika dimakan orang yang menggunakan gigi palsu. Bisa-bisa gigi palsunya malah yang kalah dengan tekstur geblek. Geblek menjadi salah satu jajanan pasar yang sangat terkenal dimasanya. Tekstur alot dan rasa gurih dari tepung singkong (pathi) menjadikan geblek tetap dicari walaupun keberadaannya saat ini mulai sulit dicari. Banyak wisatawan dari luar daerah magelang yang rela untuk berkeliling magelang untuk menikmati geblek. Geblek di magelang biasanya dijual dipasar-pasar tradisional dan penjual kaki lima dipusat keramaian. Dahulunya geblek menjadi jajanan yang wajib dibeli ketika berbelanja dipasar. Namun saat ini geblek mulai sedikit surut tertutupi jajanan modern.

kuliner khas geblek magelang oleh-olehCukup mudah sebenarnya untuk membuat makanan khas magelang ini. Bahan dasarnya adalah tepung pathi atau sering disebut tepung kanji yang berasal dari singkong. Tepung inilah yang menghasilkan tekstur alot (kenyal) dan gurih pada jajanan satu ini. Tepung kanji atau pathi basah pertama-tama ditaruh pada wadah lalu setelah itu disisir hingga tidak ada gumpalan tepung sedikitpun. Jika terdapat gumpalan pada tepung makan ketika adonan digoreng gumpalan tersebut bisa meletus. Setelah itu tepung kanji diaduk sambil ditambah bumbu garam sebagai penambah rasa. Proses selanjutnya adonan geblek dikukus setengah matang, dibentuk angka delapan dan proses terakhir tinggal digoreng.

Penganan ini lebih nikmat disantap ketika masih hangat. Geblek yang baru saja digoreng memiliki tekstur kulit yang garing tapi kenyal didalam serta mudah dimakan. Jika sudah agak dingin maka jadilah teksturnya yang alot. Geblek dalam keadaan belum digoreng biasanya kuat hingga 4 hari. Sangat cocok untuk oleh-oleh karena geblek bisa tahan lama. Namun jika sudah digoreng geblek hanya mampu bertahan hingga 10 jam.

Beberapa cara makan geblek yang sudah dingin antara lain dengan mencampurnya dengan kuah. Banyak ahli masak yang mencoba hidangan baru dengan bahan geblek. Dari mulai dicampur saos empek-empek hingga kuah bakso. Hasilnya ternyata juga cukup enak karena ternyata geblek cocok juga jika dicampur dengan kuah saat menyantapnya.

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *