Monday, December 18Magelang Online

Grubi, Jajanan Warung yang “Ngangeni”

Bagi yang masih bersekolah pada tahun 70 hingga 80-an mungkin sudah tidak asing lagi dengan jajanan satu ini. Grubi, jajanan warung yang dari dulu hingga saat ini keberadaannya tetap memiliki tempat tersendiri bagi penikmatnya. Jajanan ini ada disetiap warung jajanan disekitar sekolah pada jaman dahulu. Jajanan dengan rasa manis dan renyah ini menjadi jajanan nostalgia tersendiri hingga saat ini. Dulu hanya dengan uang beberapa rupiah sudah bisa membeli jajanan ini dan dengan nikmatnya makan grubi disela istirahat sekolah.

jajanan magelang	jajanan di magelang jajanan enak di magelang jajanan khas magelang jajanan pasar magelang jajanan kota magelang jajanan enak magelang jajanan pasar khas magelang jajan magelangGrubi terbuat dari ubi jalar yang dipotong lembut memanjang lalu digoreng dengan bentuk bola-bola dan dibumbui dengan gula jawa. Rasanya manis khas gula jawa dan karena bentuknya yang lebih mirip gumpalan benang, Grubi menjadi renyah ketika dimakan. Grubi memiliki pencampuran rasa yang unik yang berasal dari gurihnya ubi ditambah gula jawa asli. Penggunaan gula jawa selain menambah citarasa dan ke khas-annya tentu saja untuk menghindari penggunaan pemanis buatan. Selain enak untuk cemilan Grubi pun sehat untuk disantap tanpa takut bahan pengawet karena gula jawa sendiri sudah menjadi pengawet tradisional yang aman dalam pengolahan Grubi.

Seiring perkembangan jaman, meskipun saat ini sudah banyak sekali jajanan kemasan yang beredar hingga mungkin sangat sulit menemukan Grubi disela-sela tumpukan jajanan anak sekolah, namun Grubi tetap mampu bersaing dengan arus perkembangan yang terjadi. Peredarannya mungkin hilang diwarung-warung dan kantin-kantin sekolah, namun jangan salah karena Grubi saat ini telah merambah pangsa pasar yang lebih luas melalui toko pusat oleh-oleh khas magelang dan pengiriman Grubi hingga ke berbagai daerah di Indonesia khususnya jawa.

Tidak banyak memang pelaku atau produsen yang masih setia memproduksi Grubi. Salah satu produsen Grubi di Magelang yang saat ini masih aktif adalah Kerang Mas. Kerang Mas yang dijalankan oleh ibu Nurul Hidayah tetap setia memproduksi Grubi dan menjualnya hingga keluar daerah di Magelang. Produsen yang berada di dusun Pete Dawung, Tegalrejo, Magelang ini sudah sejak lama memproduksi Grubi untuk suplai beberapa toko oleh-oleh khas di Magelang. Bahan baku yang banyak tersedia disekitar pusat produksi menjadikan Grubi tetap hidup dipabrik ini.Menjadi salah satu sentra Grubi di Magelang, Kerang mas tetap mempertahankan resep dan cara pengolahan produk Grubi-nya sehingga rasanya tidak berubah dari waktu kewaktu.

Untuk harganya sendiri Grubi saat ini dijual dengan harga mulai dari Rp. 500 perbiji/perbulat. Namun pastinya lebih murah jika membeli dalam jumlah yang banyak. Terdapat beberapa pilihan kemasan dengan harga yang sangat terjangkau mulai dari kemasan 10 ribuan atau kemasan yang paling besar seharga 50 ribuan.

Grubi mungkin sudah sulit untuk ditemui saat ini. Tapi keberadaannya selalu menjadi daya tarik tersendiri terlebih lagi ketika Lebaran tiba. Grubi mampu bersanding dalam satu meja dengan produk kemasan yang lebih modern serta variatif. Jajanan tradisional seperti Grubi sangat perlu untuk terus dipertahankan keberadaanya. Apalagi mengingat potensi yang dimiliki bisa menjadi sebuah sumber pendapatan bagi banyak orang.

Sentra Grubi Kerang Mas

mobile: 081 2158 4980 – 081 2463 2060

Peten Dawung, Tegalrejo Magelang

P-IRT. 215330801274

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *