Desa Wisata Wanurejo

 Alam, Wisata

desa wisata wanurejo post 3Berwisata ke Magelang, Jawa Tengah, bukan berarti hanya menikmati Candi Borobudur, Mendut, dan Pawon saja. Wisatawan juga bisa menikmati suasana alam pedesaan dengan berkunjung di desa wisata sekitar Candi Borobudur. Salah satunya, Desa Wisata Wanurejo yang terletak sebelah timur kawasan Candi Borobudur atau sebelah barat Sungai Progo. Salah satu dusun yang menjadi desa wisata adalah Dusun Gedongan.

Untuk mengunjungi desa wisata itu sangat mudah. Anda bisa menggunakan mobil, sepeda motor, bus, atau transportasi umum. Bila menggunakan kendaraan umum, sambangilah Terminal Borobudur kemudian naik dokar atau ojek yang siap mengantar menuju Dusun Gedong. Jaraknya sekitar 3 km.

Desa Wisata wanurejo terletak sekitar 1,5 km ke arah timur candi Borobudur. Pendiri desa ini adalah Kyai Wanu atau Bendhoro Pangeran Haryo anak lelaki Hamengku Buwono II. Baik pengunjung maupun wisatawan bisa melihat masjid kuno beserta bedhug misterius peninggalan Pangeran Diponegoro, mengunjungi sumber air suci Umbul Tirta, makam Kyai Wanu, homestay, makanan rakyat bernama Rengginan, Tempe, Gula Jawa. Banyak wisatawan Belanda dengan andong menikmati acara wisata desa ke desa dengan menyaksikan langsung keindahan arsitektural bangunan milik rakyat, pemangku adat, bangsawan dan juga dapat menyaksikan aneka macam tanaman dan keindahan sawah.

Secara geografis, desa wisata Wanurejo merupakan salah satu desa subur yang berada di kawasan candi Borobudur dan termasuk dalam wilayah kecamatan Borobudur. Letaknya hanya sekitar 600 meter sebelah tenggara Candi Borobudur, di antara lereng pegunungan Menoreh dan diapit dua buah sungai yaitu Sungai Progo dan Sungai Sileng. Posisi Desa Wanurejo ini sangat strategis karena terletak pada jalur wisata Candi Borobudur.
desa wanurejo post 2
Desa wisata Wanurejo juga memiliki budaya dan tradisi khas yang juga berpotensi untuk disajikan dalam pengelolaan industri pariwisata. Beberapa potensi wisata yang belum dikembangkan secara optimal oleh masyarakat adalah (1) wisata alam tempuran dan pemandangan alam, (2) wisata kesenian termasuk seni tari, seni musik, cerita rakyat, dan atraksi pencak silat, (3) wisata kerajianan berupa ukir bambu (4) wisata kuliner berupa tempe dan rengginan, (5) wisata sejarah berupa Candi Pawon dan rumah tradisional Jawa Kuno, (6) wisata pertanian, (7) wisata permainan tradisional, dan (8) wisata religi dan adat.
Untuk mendukung pembentukan Desa Wanurejo sebagai desa wisata, Pemerintah Desa Wanurejo telah berupaya dengan membangun homestay di beberapa dusun yang dapat digunakan untuk beristirahat bagi wisatawan. Selain itu, wisatawan dapat menikmati berbagai pemandangan alam seperti view sunset dan view mandala dengan pemandangan asli pedesaan yang asli sehingga sangat tepat untuk digunakan sebagai tempat refreshing. Tidak ketinggalan juga, wisatawan dapat mengunjungi sanggar-sanggar budaya dan tempat-tempat pembuatan kerajinan baik berupa kerajinan bambu, cor batu hingga cor fiber. Wisatawan bahkan dapat belajar mengenai cara pembuatan kerajinan tersebut sehingga dapat membuat sendiri kerajinan yang dikehendaki.

Author: 

Adnan Resa , seorang anak dari bapak dan ibu, seorang kakak dan seorang sulung. Blogger kambuhan yang saat ini berusaha mendalami ilmu pesugihan SEO, social media dan E-commerce. Kalau ketemu dijalan mohon disapa. Ikuti update dari saya di tombol social dibawah ini. Tetep buncit tetep sehat dan happy maos sedulur. Salam kemepyar!

Pencarian Anda: akomodasi desa wanurejo, jejaring desa wisata wanurejo, desa waturejo magelang, desa wisata wanurejo magelang, gambar foto desa wanurejo candi borobudur, homestay Wanurejo, kampung wisata view candi borobudur, penginapan desa wanurejo, wanurejo

No Responses

Leave a Reply