Desa Wisata Candirejo Magelang

 Alam, Wisata

Desa Wisata Candirejo post1Liburan ke tempat-tempat yang masih asri dan tradisional mungkin masuk dalam agenda liburan anda. Jika iya, berarti Desa Wisata Candirejo yang berlokasi di Jawa Tengah sangat tepat untuk dikunjungi. Disini anda bisa belajar tentang kehidupan masyarakat desa setempat bahkan bisa menginap di rumah warga jika mau. Desa ini terletak sangat dekat dengan Candi Borobudur, yaitu hanya sekitar 2,5 kilometer saja. Jadi jika anda sedang berlibur atau merencanakan liburan ke Borobudur, boleh deh langsung mampir ke tempat ini.

Dulunya Desa Wisata Candirejo adalah kawasan pedesaan biasa yang kerap didatangi oleh wisatawan untuk menginap di sela-sela wisata ke Candi Borobudur. Namun seiring berjalannya waktu, Desa ini tidak hanya didatangi sebagai tempat menginap saja, namun perlahan-lahan menjadi tempat wisata baru. Bisa dikatakan desa ini sangat erat kaitannya Dengan Candi Borobudur. Luas areal desa secara keseluruhan kurang lebih 365 hektar, 60% lahannya dikelola untuk pertanian, 20% untuk perumahan, dan sisanya masih berupa hutan liar. Jika dikelompokkan, sebenarnya jenis wisata di Desa Candirejo terdiri atas 3 macam, yaitu wisata budaya, agrowisata, dan wisata alam. Namun banyak orang tidak terlalu memusingkan istilah-istilah ini, mereka hanya datang untuk menikmati segala keindahan dan keunikan yang terdapat di desa ini.

Tidak ada waktu kunjungan khusus ke Desa Wisata Candirejo, anda bisa datang kapanpun anda mau. Tidak hanya turis lokal, namun turis mancanegara juga akan dilayani dengan ramah oleh masyarakatnya. Berbagai hal menarik bisa anda pelajari dari masyarakat desa, mulai dari kesenian daerah, tradisi setempat, dan industri rumah tangga yang dijalankan oleh masyarakat. Warga di desa ini masih menjaga kearifan lokal dengan sangat baik, berbagai upacara tradisional mungkin akan anda temui saat berlibur kesini. Salah satu yang menjadi daya tarik adalah Upacara Adat Nyadran. Ini merupakan sebuah upacara adat yang diselenggarakan setiap tahun untuk mendoakan leluhur. Upacara tersebut berlangsung pada Bulan Ruwah menurut Kalender Jawa. Salah satu kegiatan di dalam ritual ini adalah pemberian sesajen di Gunung Mijil. Sesajen tersebut bermakna agar para leluhur turut menikmati semua hasil bumi yang telah diperoleh oleh masyarakat Candirejo setiap tahun.

desa wisata candirejo post 2

Karena lingkungannya masih asri, anda bisa berkeliling desa dengan berjalan kaki atau naik delman. Silakan nikmati nuansa hijau dan udara segar khas pedesaan. Masih ada beberapa kegiatan menarik lain yang bisa anda lakukan di Desa Wisata Candirejo, salah satunya adalah menoreh. Menoreh merupakan kegiatan untuk menemukan habitat asli berbagai spesies burung yang terdapat di desa ini. Selain itu anda juga bisa melihat berbagai macam tanaman obat yang tumbuh disini atau melihat bagaimana penduduk desa yang berprofesi sebagai petani menanam padi secara tradisional. Jika anda kebetulan datang saat musim panen tiba, anda bisa secara langsung melihat bagaimana proses panen padi atau bisa mencobanya sekalian.
Satu fakta unik tentang Desa Wisata Candirejo, ternyata desa ini memang dipersiapkan untuk tempat wisata. Maka dari itu tersedia banyak akomodasi di tempat ini, jadi anda tidak perlu khawatir harus tidur dimana. Penginapan tersebut kebanyakan adalah rumah warga yang disewakan. Jadi selain bisa menginap, anda juga bisa bercengkerama dengan pemilik rumah. Untuk oleh-oleh, anda bisa membeli kerajinan tangan yang dibuat oleh penduduk desa. Kerajinan tangan berbahan dasar pandan sering mereka kerjakan, dan hasilnya bisa berupa tas atau tikar. Kerajinan lainnya adalah berasal dari bambu yang dibuat untuk kursi, rak buu, tempat tidur, lukisan, dll.
Sarana Akomodasi Desa Wisata Candirejo
Desa Candirejo dilengkapi dengan sarana akomodasi yang cukup baik. Untuk mempertahankan
suasana pedesaan yang masih asli, maka sarana akomodasi yang disediakan di desa Candirejo
berupa pondok-pondok penginapan (home stay) yang diusahakan sendiri oleh masyarakat
desa Candirejo.
Berikut ini adalah daftar pondok-pondok penginapan yang ada di desa Candirejo.

Nama Pondok Nama Pemilik
Jumlah
Kamar
Alamanda Bapak Utoyo
2
Amarilis Bapak Agus Sutanto
2
Bunga Bakung Bapak Suramidi
2
Bunga Matahari Bapak Endro Suwarto
2
Cempaka Bapak Suhadi
2
Ceplok Piring Handi Kuswanto
2
Edelweiss Bapak Maduk Sasono
2
Kembang Setaman Bapak Tatak Sariawan
2
Kenanga Bapak Harjiyanto
2
Lavender Bapak Murwanto
2
Lily Ibu Susana
5
Mawar Ibu Genduk Tusiarno
3
Melati Bapak Alpandi
3
Nusa Indah Bapak Tribianto
2
Rafflesia Bapak Budi
2
Sakura Bapak Sareh Heryanto
3
Seruni Bapak Teguh
2
Soka Bapak Darsono
2
Tapak Dara Bapak Digdo Wijono
2
Wijaya Kusuma Bapak Sumidi
2

 

Paket Wisata Desa Candirejo

Desa wisata Candirejo menawarkan beberapa paket wisata. Di bawah ini merupakan daftar
paket-paket wisata yang terdapat di desa Candirejo.

- Tamasya Keliling Desa
Paket ini menawarkan eksplorasi penjelajahan desa Candirejo, baik dengan berjalan kaki, atau menggunakan sarana angkutan delman (andong) desa. Pada kesempatan ini, para pelancong akan disuguhi dengan keunikan tradisi dan budaya masyarakat setempat, kesenian dan kerajinan rakyat, serta metode sistem pertanian tradisional.

- Wisata Menoreh
Paket ini menawarkan kesempatan kepada para pelancong untuk mendapatkan pengalaman
yang tak terlupakan tentang kehidupan sehari-hari dari masyarakat yang tinggal di kawasan Menoreh. Pada kesempatan ini, para pelancong akan menemukan kehidupan habitat asli dari burung-burung yang hidup di daerah ini. Para pelancong juga dapat menikmati keindahan kebun-kebun tanaman obat dan melihat sistem pertanian tradisional yang diterapkan.

- Sistem Pertanian Desa
Paket wisata ini akan meningkatkan kesadaran akan pentingnya pelestarian dan pemeliharaan sumber-sumber daya alam, terutama yang berada di desa Candirejo. Para pelancong dapat langsung merasakan dan mengerjakan bagaimana rasanya berinteraksi dengan alam di areal pertanian, juga dapat ikut berpartisipasi dalam memanen buah-buahan segar langsung dari lokasi pembudidayaannya.

- Aktifitas Sungai
Ingin dapat menangkap ikan selincah para penduduk lokal? Bila ya, mari ikuti paket wisata ini dan bergabung dengan komunitas “Nylantrang” (komunitas para penangkap ikan). Para pelancong dapat merasakan sendiri asyiknya menangkap ikan di sungai,juga dapat menikmati segarnya berenang dan mandi di sungai, tentu saja semua itu dalam pengawasan pemandu wisata.

- Pendidikan Lingkungan (Alam)
Paket wisata ini menawarkan pendidikan tidak langsung tentang lingkungan hidup kepada para pelancong. Para pelancong diharapkan dapat mengerti dan sadar akan pentingnya pelestarian dan pengelolaan alam dan lingkungan demi kelangsungan hidup saat ini dan generasi mendatang. Pelajarilah sistem pertanian organik, proses produksi bibit-bibit organik, dan bentuk pelestarian alam yang dilakukan oleh masyarakat setempat, misalnya “ilag-ilag’.

- Kehidupan Masyarakat Setempat
Para pelancong dapat tinggal di sebuah pondok penginapan milik penduduk, dan merasakan
langsung suasana tradisional Jawa yang masih sangat melekat di tiap-tiap keluarga. Di
sini, para pelancong dapat mengamati rutinitas sehari-hari dari masyarakat setempat,
mulai dari menyiapkan masakan, cara memasak, sampai suasana tinggal di rumah-rumah desa.
– Kesenian Tradisional
Para pelancong memiliki kesempatan untuk menikmati berbagai kesenian tradisional di desa Candirejo. Tiap-tiap kesenian memiliki karakteristiknya masing-masing. Aktifitas menikmati kesenian tradisional di tengah-tengah komunitas penduduk desa akan memberikan nuansa tersendiri bagi para pelancong.

Kontak Desa Wisata Candirejo Magelang

Koperasi Desa Wisata Candirejo
Sangen, Candirejo, Borobudur, Magelang
Jawa Tengah, Indonesia 56553
Telepon: +62(293)788608
Telepon Seluler: (+62)8175414855 [Nama kontak: Ian],
(+62)81328808520 [Nama kontak: Tatag]

Kontak Desa Wisata Candirejo

Koperasi Desa Wisata Candirejo
Sangen, Candirejo, Borobudur, Magelang
Jawa Tengah, Indonesia 56553
Telepon: +62(293)788608
Telepon Seluler: (+62)8175414855 [Nama kontak: Ian],
(+62)81328808520 [Nama kontak: Tatag]
[/toggle]

Akses Transportasi Menuju Desa Wisata Candirejo

Desa Candirejo dapat dicapai melalui salah satu dari tiga kota besar, yaitu Semarang, Solo, dan Yogyakarta. Beberapa transportasi darat tersedia untuk digunakan berkunjung ke desa Candirejo.

Jarak Semarang ke desa Candirejo sekitar 90 km. Bila berangkat dari bandara Ahmad Yani Semarang, dapat menggunakan taksi untuk mencapai desa Candirejo. Bila menggunakan bus, tersedia rute Semarang-Magelang. Dari Magelang menuju desa Candirejo, dapat memakai jasa angkutan umum, ojek, atau delman.

Jarak Solo ke desa Candirejo sekitar 100 km. Untuk menuju desa Candirejo dari kota Solo, dapat memakai jasa taksi yang berangkat dari lapangan udara Adi Sumarmo Solo. Bisa juga menggunakan bus yang berangkat dari terminal Tirtonadi ke terminal Umbulharjo. Dari terminal
Umbulharjo, tersedia bus yang mengantar ke terminal Borobudur. Dan dari terminal Borobudur, tersedia sarana angkutan umum, ojek, dan delman/andong yang menuju ke desa Candirejo. Jarak Yogyakarta ke desa Candirejo sekitar 40 km. Dari kota ini menuju desa Candirejo, tersedia beberapa sarana transportasi. Taksi dapat digunakan langsung menuju ke desa Candirejo dari lapangan udara Adi Sutjipto Yogyakarta. Bila menggunakan bus, rute terminal Umbulharjo menuju terminal Borobudur dapat dipergunakan. Dari terminal Borobudur menuju desa Candirejo, dapat menggunakan jasa angkutan umum, ojek, dan delman/andong.

 

Sumber: wahw33d.blogspot.com

Author: 

Adnan Resa , seorang anak dari bapak dan ibu, seorang kakak dan seorang sulung. Blogger kambuhan yang saat ini berusaha mendalami ilmu pesugihan SEO, social media dan E-commerce. Kalau ketemu dijalan mohon disapa. Ikuti update dari saya di tombol social dibawah ini. Tetep buncit tetep sehat dan happy maos sedulur. Salam kemepyar!

Pencarian Anda: desa wisata magelang, desa wisata candirejo, desa candirejo magelang, candirejo magelang, desa wisata di magelang, desa candirejo, desa wisata candi rejo, wisata candirejo magelang, candirejo, tempat wisata candirejo magelang

No Responses

Leave a Reply