Friday, November 24Magelang Online

Catat! 10 Tips Penting Mudik 2014

Sharing is caring!

Lebaran 2014 sudah diambang pintu, saatnya merayakan hari raya Idul Fitri setelah sebulan lamanya berpuasa menahan segala lapar dan nafsu, saatnya saling memaafkan atas segala dosa. Dan yang pasti harus ada setiap tahunnya termasuk tahun 2014 ada musim mudik.

mudik 2014	mudik 2014 bni mudik 2014 gratis mudik 2014 pantura peta mudik 2014 jalur mudik 2014 mudik tahun baru 2014 info mudik 2014 mudik lebaran 2014 mudik bareng honda 2014

Mudik atau pulang kampung bukan suatu beban berat bagi yang kebetulan kampung halamannya bisa ditempuh dalam waktu singkat, namun bagi yang harus menempuh perjalanan hingga seharian penuh atau bahkan berhari-hari apalagi dengan membawa kendaraan pribadi, acara mudik setiap tahunnya harus dipersiapkan secara maksimal, terutama kondisi fisik dan kesehatan. Hal ini untuk menciptakan rasa aman dan nyaman selama perjalanan hingga sampai ke tempat tujuan dan bertemu dengan sanak sodara.

Yang tak kalah pentingnya adalah kondisi kendaraan, pastikan jauh-jauh hari bahwa kendaraan yang akan dipakai sudah siap ‘tempur’. Bagi yang setiap tahunnya melakukan ritual mudik, tahun 2014 mungkin sedikit tidak banyak berbeda keadaannya dibanding tahun lalu. Namun peningkatan jumlah kendaraan pribadi selama musim mudik 2014 dipastikan terjadi. Selain itu beberapa peristiwa alam yang terjadi disepanjang jalur mudik utara, tengah maupun selatan sepertinya akan membuat perjalanan mudik 2014 akan sedikit berbeda mengingat jalan yang ditempuh tahun ini belum tentu sama dengan tahun kemarin.

Berikut Magelang Online berikan beberapa tips mudik 2014 bagi yang hendak bersilahturahmi kepada keluarga di kampung halaman :

 

  • Persiapkan kondisi tubuh secara fisik maupun psikologis. Sebaiknya tidak berangkat setelah pulang kerja apalagi lembur, karena selain badan capek, psikologi anda juga lelah. Disarankan berangkat setelah beristirahat cukup apalagi setelah menerima THR pasti perjalanan akan diawali dengan hati senang.
  • Periksa kesehatan terlebih dahulu, terutama jika memiliki riwayat sakit tertentu yang membutuhkan penanganan khusus atau obat khusus. Jangan lupa membawa obat-obatan sesuai kebutuhan.
  • Siapkan makanan dan minuman terutama untuk anak-anak di bawah lima tahun. Sebaiknya tidak membeli makanan sembarangan di pinggir jalan.
  • Siapkan peta mudik dan pastikan peta mudik selalu diupdate. Gunakan alat bantu petunjuk arah, misal kompas atau GPS, jika diperlukan.
  • Siapkan alat komunikasi seperti handphone dalam kondisi online untuk memudahkan dalam melakukan panggilan jika diperlukan. Jangan lupa membawa charger mobil, batre cadangan hingga power bank untuk mengantisipasi power hape yang habis.
  • Jika memerlukan pertolongan medis, gunakan posko-posko kesehatan yang diberikan oleh pemerintah di sepanjang arus mudik.
  • Jangan mengemudi dalam keadaan lelah atau mengantuk. Istirahat secara periodik untuk mengatasi lelah dan mengantuk. Banyak posko yang disediakan bagi pemudik selama musim mudik dam semuanya gratis. Lebih baik mengulur waktu daripada berkendara dengan keadaan ngantuk. Ingat keluarga menunggu di rumah.
  • Jika stamina tubuh terasa berkurang, jangan memaksakan diri dengan meminum obat atau minuman yang dapat menambah tenaga tubuh sesaat. Obat ini berefek buruk bagi tubuh dan manfaat sesaatnya tidak akan berguna banyak mengingat tubuh tetap perlu istirahat yang cukup
  • Periksa kondisi kendaraan dan pastikan kondisinya prima, mulai dari tekanan ban, oli, saringan udara, aki dan kelistrikan. Bawa sikring (fuse) cadangan bila diperlukan. Periksa semua surat-surat penting kendaraan dan pastikan semua dibawa dan disimpan ditempat yang aman dan mudah diingat.
  • Setelah tiba ditujuan, pastikan anda beristirahat yang cukup sebelum melakukan silaturahmi berkeliling rumah untuk menemui sanak saudara.
  • Gunakan lajur alternatif yang sudah ada dipeta resmi mudik. jangan mencoba mencari jalan pintas sendiri karena akan berakibat buruk tanpa terlebih dulu tahu tentang medan dan kondisi jalan.

 

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *